Biro Kerjasama dan Relasi Publik (Biro 4) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta bekerja sama dengan Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), Universitas Dhyana Pura (UNDHIRA) Bali, dan Universitas Proklamasi (UP) 45 Yogyakarta menyelenggarakan Talkshow IISMA 2022 pada hari Selasa, 8 Maret 2022 secara daring.

Acara ini digelar untuk mensosialisasikan program Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA), salah satu program beasiswa yang dikelola oleh Ditjen Dikti Kemendikbudristek RI untuk mendanai mahasiswa Indonesia mengikuti program mobilitas internasional di universitas unggul yang ada di berbagai negara.

Hadir sebagai narsumber yaitu R. Rachmat A. Sriwijaya, S.T., M.T., D. Eng (Ketua IISMA 2022), Andi R. Wijaya, S.T., M.Sc., Lic., Ph.D. (Wakil Ketua IISMA 2022), Fakhri Giffari (UGM-IISMA Alumni dari Boston University), dan Ahmad Priyansyah (UII-IISMA Alumni dari University of Sussex). Talkshow IISMA yang diikuti sekitar 400 peserta ini dipandu oleh dua host yaitu Arida Susyetina, S.S., M.A (Kepala Pusat Pelatihan Bahasa UKDW) dan Dr.rer.nat. Dian Sari Utami S.Psi., M.A. (Direktur Kemitraan/KUI UII).

Rektor UKDW, Ir. Henry Feriadi, M.Sc. Ph.D, menyebutkan program IISMA ini merupakan sebuah program yang mensponsori mahasiswa Indonesia untuk ‘go international’. “Hal ini merupakan kesempatan yang baik karena award ini terbatas sehingga tidak boleh disia-siakan. Mahasiswa yang lolos program ini dapat mengikuti perkuliahan selama satu semester di kampus ternama, universitas mitra luar negeri, untuk membuka wawasan dengan merasakan pembelajaran dan budaya di negara lain. Lewat program ini kita juga bisa turut mempromosikan Indonesia yang menunjukkan keberagaman, bangsa yang toleran karena bisa hidup berdampingan meski banyak perbedaan,” tuturnya.

Sementara itu Rektor UII, Prof. Fathul Wahid, ST., M.Sc., Ph.D mengatakan dengan mengikuti program IISMA, mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan berbahasa, pemahaman multikultural, jaringan global, serta kedalaman dan keluasan perspektif karena mahasiswa yang mengikuti program ini dapat mengambil mata kuliah di luar disiplin ilmunya.

UKDW sendiri telah melakukan berbagai persiapan sejak awal tahun ini supaya banyak mahasiswa UKDW bisa lolos mengikuti program IISMA 2022. Kepala Biro 4 UKDW, Dr. phil. Lucia Dwi Krisnawati menyebutkan persiapan dimulai dengan penyelenggaraan info session terkait IISMA, pendaftaran untuk penyaringan level universitas, serta pengadaan workshop dan seminar untuk membekali mahasiswa terkait pengetahuan yang akan memperbesar peluang mereka lolos seleksi IISMA. “Kami akan terus mendampingi dan membimbing mereka hingga semua proses seleksi selesai. Mahasiswa yang berhasil lolos akan menjadi duta UKDW dan secara tidak langsung menjadi jembatan untuk mempererat kerjasama UKDW dengan universitas mitra pilihan mereka nanti,” pungkasnya.

Berlangganan Newsletter Kami

Bergabunglah dengan milis kami untuk menerima kabar terbaru dan update dari tim kami.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This