Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia, UniRank, mengeluarkan daftar universitas terbaik Indonesia tahun 2023. UniRank merupakan sebuah lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan website yang dimilikinya.

UniRank menggunakan tiga kriteria dalam menentukan universitas yang paling populer di Indonesia. Pertama, dilisensikan atau diakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi Indonesia yang sesuai. Kedua, menawarkan setidaknya gelar sarjana (sarjana) empat tahun atau gelar pascasarjana (magister atau doktoral). Ketiga adalah memberikan kursus terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, non-jarak.

Ada 583 perguruan tinggi di Indonesia yang dinilai dan memenuhi kriteria UniRank. Diambil dari situs resmi UniRank, dari 583 perguruan tinggi negeri dan swasta yang dinilai.

Ada 10 perguruan tinggi Keagamaan Kristen yang masuk daftar. Ke-10 kampus tersebut adalah:

  1. Universitas Kristen Petra, Surabaya (urutan 32)
  2. Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga (urutan 57)
  3. Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta (urutan 96)
  4. Universitas Kristen Maranatha, Bandung (urutan 116)
  5. Universitas Kristen Indonesia (UKI), Jakarta (urutan 155)
  6. Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida), Jakarta (urutan 237)
  7. Universitas Kristen Immanuel, Sleman (urutan 307)
  8. Universitas Kristen Indonesia Maluku, Ambon (urutan 386)
  9. Universitas Kristen Toraja, Tana Toraja (urutan 434)
  10. Universitas Kristen Indonesia Paulus, Makassar (urutan 437)

Lembaga pemeringkatan universitas internasional yang berbasis di Sydney, Australia ini menggunakan penilaian berdasarkan sistem algoritma lima website yang dianggap netral dan independen. Lima website ini adalah Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Reffering Domains dan Majstic Trust Flow.

Sumber: https://edukasi.kompas.com/read/2023/04/18/084924771/10-perguruan-tinggi-kristen-terbaik-versi-unirank-2023?page=all#page2.

Pin It on Pinterest

Share This