Setiap kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat diharapkan menghasilkan tulisan artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah. Hal ini merupakan bagian dari upaya membagikan informasi keilmuan yang terbaru kepada masyarakat, sehingga terjadi perputaran pengetahuan yang berkesinambungan. Demikian halnya dengan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta yang mendapatkan pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Penelitian dan Purwarupa PTS Tahun 2021.

Oleh karena itu, UKDW Yogyakarta mengadakan program penilaian artikel ilmiah pada hari Kamis, 30 Desember 2021, sebagai salah satu pendorong supaya artikel ilmiah yang dihasilkan memiliki kualitas akademik yang baik. Sehingga 4 program yang sebelumnyamendapatkan dana hibah akan menghasilkan artikel yang dipublikasikan di jurnal, baik jurnal penelitian maupun jurnal pengabdian kepada masyarakat secara serentak pada akhir tahun 2021.

Keempat program dengan judul artikel ilmiah Layanan Kesehatan dan Pengendalian Infeksi di Shelter Inklusif Emergensi untuk Beberapa Karakteristik Bencana di Indonesia, Pengembangan Tasalampot Bayam Brazil pada Kelompok Tani Dewasa Gemah Ripah Kampung Bausasran Yogyakarta, Pengembangan Konsep Tematik Rute Sepeda Wisata Studi Kasus Rute Gowes Monalisa Kota Yogyakarta, dan The Perceived Impacts of ‘Freedom to LearnIndependent Campus’ on Pre-Service Teachers Professional Identity Development telah melalui beberapa tahap penilaian yang dilakukan oleh reviewer
penilai artikel ilmiah yakni Dr.-Ing. Paulus Bawole, MIP. dan Dr. Charis Amarantini, M.Si.

Dr.-Ing. Paulus Bawole, MIP., menyebutkan kegiatan penulisan artikel ilmiah merupakan kegiatan terakhir dalam pelaksanaan Program Penelitian Kebijakan MBKM dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Penelitian dan Purwarupa PTS Tahun 2021. Artikel ilmiah adalah muara dari pengetahuan yang dihasilkan dari program penelitian MBKM maupun pengabdian kepada masyarakat.

Sementara itu, Dr. Charis Amarantini, M.Si. menjelaskan indikator penilaian untuk penulisan artikel ilmiah ini adalah pendahuluan, kajian teori, metode, hasil dan pembahasan, seta referensi. “Program penelitian MBKM dengan 10 task force terdiri dari dosen pada seluruh prodi S1 yang ada di UKDW, sehingga tulisan ini dapat memberikan informasi dari berbagai prodi dalam bentuk jurnal pengembangan metode pembelajaran perguruan tinggi. Sedangkan 3 program pengabdian kepada masyarakat menghasilkan jurnal yang dipublikasikan akan memberikan informasi pengabdian yang berbasis pada penelitian. Sehingga dapat memberikan metode pelaksanaan yang partisipatoris, bermitra, dan berinovasi bersama masyarakat,” terangnya.

Berlangganan Newsletter Kami

Bergabunglah dengan milis kami untuk menerima kabar terbaru dan update dari tim kami.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This