Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta mengawali tahun 2022 dengan pencapaian yang membanggakan. Pada awal tahun ini, UKDW menerima penghargaan Anugerah Kerja Sama Diktiristek 2021 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Acara Anugerah Diktiristek 2021 ini digelar di Auditorium Lantai 2 Gedung D Komplek Kemdikbudristek, Senayan, Jakarta Pusat pada hari Kamis, 13 Januari 2022.

Dalam kompetisi Anugerah Kerja Sama Diktiristek 2021, UKDW Yogyakarta berhasil meraih peringkat Harapan 2 pada kategori Pengelolaan Data Kerja Sama Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Penghargaan diterima secara langsung oleh Pdt. Handi Hadiwitanto, Ph.D selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan Kapasitas SDM dan Jejaring (WR 4) UKDW. Turut mendampingi WR 4 dalam menerima penghargaan tersebut Dr. phil. Lucia Dwi Krisnawati sebagai Kepala Biro Kerjasama dan Relasi Publik (Biro 4) UKDW.

Pdt. Handi Hadiwitanto, Ph.D menyampaikan rasa syukur dan bangga atas prestasi tersebut. “UKDW adalah satu dari hanya 11 perguruan tinggi swasta yang mendapatkan anugerah ini. Apa yang telah kita dapatkan adalah refleksi dari semangat, kerja keras, dan kegembiraan kita sebagai sebuah perguruan tinggi untuk melakukan apa yang terbaik. Khususnya di bidang kerja sama, serta sebagai wujud ketaatan kita pada Allah dalam bekerja dan melayani. Tentu kita tidak boleh berhenti dan berpuas diri karena hal yang terpenting di balik anugerah dan prestasi ini adalah UKDW dapat belajar mengelola dan menghadirkan pelayanan kerjasama secara unggul. Ucapan terima kasih yang amat tulus terkhusus ditujukan pada seluruh pegawai dan mahasiswa volunteer di Biro 4 UKDW sebagai unit yang bertanggungjawab untuk mengelola proses kerjasama kita dengan berbagai mitra, dan kepada civitas academica UKDW secara umum,” tuturnya.

Sedangkan Dr. phil. Lucia Dwi Krisnawati mengatakan pemberian anugerah kerja sama ini merupakan langkah dari Dirjen Diktiristek untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap upaya perguruan tinggi dalam mencapai indikator kinerja utama (IKU) keenam dimana program studi menjalin kerja sama dengan mitra dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). “Tahun ini anugerah kerja sama pertama kali diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada perguruan tinggi dimana penilaiannya meliputi kualitas kerja sama, bentuk kerja sama, serta capaian kerja sama dengan mitra kelas dunia. Kami sangat bersyukur atas penghargaan yang diterima UKDW. Harapannya prestasi ini dapat meningkatkan kinerja secara maksimal dan diikuti oleh prestasi-prestasi lainnya,” terangnya.

Sementara itu Prof. Nizam selaku Plt. Direktur Jenderal Dikti Ristek menyebutkan bahwa Dirjen Diktiristek memberikan apresiasi anugerah untuk empat kategori anugerah dalam perhelatan Anugerah Diktiristek 2021. Adapun empat kategori tersebut meliputi Anugerah Kampus Merdeka, Anugerah Kerja Sama, Anugerah Humas, serta Anugerah Jurnalis dan Media. Pada tahun ini Dikti juga memberikan penghargaan berdasarkan kategori jenis perguruan tinggi yakni perguruan tinggi negeri (PTN) Badan Hukum, PTN Badan Layanan Umum, PTN Satuan Kerja, dan perguruan tinggi swasta (PTS).

“Tadinya program ini diselenggarakan setiap akhir tahun, hanya untuk anugerah jurnalisme dan anugerah humas, karena kita melihat hal itu sangat penting bagi perguruan tinggi maupun bagi kita semua untuk kolaborasi pentahelix, dengan salah satu kata kunci adalah media. Dimana media bisa ikut mengabarkan semangat optimisme dan kabar positif dari kampus. Tahun ini kita perluas dengan dua anugerah baru yaitu anugerah kampus merdeka dan anugerah kerja sama, karena kita sedang mendorong transformasi di tanah air melalui program kampus merdeka,” paparnya.

Berlangganan Newsletter Kami

Bergabunglah dengan milis kami untuk menerima kabar terbaru dan update dari tim kami.

You have Successfully Subscribed!

Pin It on Pinterest

Share This