Civil Engineering Cup merupakan acara kejuaraan olahraga basket antar mahasiswa di Jawa Tengah. Di tahun 2023 ini, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) mengirimkan satu tim yang terdiri dari 12 pemain dan berasal dari beberapa prodi dan angkatan yang berbeda. Tim tersebut digawangi oleh I Wayan Kintara Anggara Putra, Paul Charles Antonio Tuhumuri, Christian Octavico Kuncoro, Julian Marsangap Sitorus, Yusuf Kiko Marcho Kiwak, Rizki Bagaskara Parengrengi, John Tabuni, Brilian Pradito, Yohannes Patthon, Fremard Wipascatama, Reynaldo, dan Herman Gerard Tsolme. Para pemain ini merupakan mahasiswa yang tergabung dan aktif dalam UKM Basket UKDW.

Walaupun memiliki beberapa kendala dan waktu persiapan yang minim, tim basket UKDW mampu tembus ke final dan bertemu dengan tim Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Tim basket UKDW bermain selama tiga hari dengan total pertandingan lima kali hingga ke fase final. Memiliki pemain-pemain yang siap bersaing dan memiliki daya juang yang tinggi, tim basket UKDW mampu tembus ke babak final dan berhasil menjadi runner-up di Civil Engineering Cup 2023.

Menurut kapten tim UKDW dalam ajang Civil Engineering Cup 2023, Yohannes Patthon, modal penting bagi tim UKDW bisa sampai di babak final adalah semangat dan kesiapan individu, “Kami hanya modal ‘gas-gas’ aja bisa juara dua, tanpa pelatih yang siap dan dua kali latihan pun seadanya. Kami sangat menghargai bantuan yang cepat dari kampus terkait dana pendaftaran dan tempat latihan, mungkin nantinya kalau kami mendapat dukungan penuh dari kampus, juara satu bukan nggak mungkin lagi sih,” ujarnya.

Sedangkan salah satu pemain tim basket UKDW, Wayan Kintara menyebutkan ajang ini adalah ajang pembuktian bahwa UKM Basket UKDW masih aktif dan mampu bersaing di setiap kejuaraan. Ia mengatakan dukungan kampus untuk tim basket UKDW sangat baik, seperti pada event ini pihak Bakat dan Minat Universitas sangat cepat merespon permintaan dari UKM Basket untuk kembali berkompetisi. “Walaupun dengan persiapan yang minim mampu menuju fase final dan mengimbangi tim dari UAJY dan tim-tim yang ikut dalam ajang tersebut adalah tim yang sudah terbentuk sejak lama. Harapannya adalah semoga kita di UKM Basket bisa lebih kompak lagi agar bisa mempersiapkan tim untuk event berikutnya dan semoga selalu di-support dari pihak universitas,” pesannya. [wk]

Pin It on Pinterest

Share This