Unit Penjaminan Mutu Institusi (InQA)

Keterangan Unit

  • Nama Unit    :  Unit Penjaminan Mutu Institusi Universitas Kristen Duta Wacana atau Institution Quality Assurance
  • Berdiri            :  31 Oktober 2005
  • SK Pendirian :  SK Rektor 016/B.07.b/UKDW/2005
  • Alamat             Gedung Gnosis Lt. 1 Universitas Kristen Duta Wacana Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 5 – 25 Yogyakarta 55224
  • Telp                 :  0274 – 563 929 ext. 114
  • Fax                  :  0274 – 513 235
  • Email              :  
  • Jam layanan :  07.30 – 15.00 WIB

Deskripsi Singkat

InQA singkatan dari Institution Quality Assurance. Bila dibaca dengan cepat, singkatan itu berbunyi “INKA”, yang mengacu pada peradaban INCA.

INCA mengacu pada suatu suku bangsa Indian di Amerika tahun 1200-1533 (Kerajaan Inca), berpusat di Cuzco Peru, dan mempunyai peradaban yang indah—terutama tampak pada Sistem Organisasi dan Tata Perkotaannya. Kehebatan penataan dan organisasi penyusunan kota mereka yang kompleks dan sangat memperhatikan lingkungan ini menginspirasi kerja InQA.

Berdasarkan SK Rektor UKDW No. 016/B.07.b/UKDW/2005, InQA UKDW dibentuk pada tanggal 31 Oktober 2005 – Bersamaan dengan Dies Natalis UKDW yang ke 43 – sebagai realisasi kesadaran pengelola institusi untuk mempertahankan, meningkatkan dan memperbaharui mutu pendidikan secara berkelanjutan di UKDW. Selain itu, berdirinya InQA juga didorong oleh kebijakan Dikti dan BAN-PT yang mengungkapkan bahwa bila lebih dari 75% dari program studi yang ada di Perguruan Tinggi telah mencapai nilai B atau A, maka pihak Perguruan Tinggi wajib memiliki Lembaga Penjaminan Mutu yang akan diakreditasi sehingga mampu menyelenggarakan akreditasi internal terhadap program studinya sendiri.

Visi

Terjadinya proses pemeliharaan, peningkatan dan pembaruan kualitas yang berkelanjutan di UKDW sebagai pertanggungjawaban institusi terhadap stakeholder sehingga UKDW dapat menjadi universitas yang handal dan terpercaya.

Misi

  1. Membangun, memelihara dan meningkatkan kesadaran dan komitmen pengelola institusi terhadap mutu pendidikan.
  2. Menggerakkan institusi untuk menetapkan standar dan membuat instrumen penilaian diri (self-assessment).
  3. Memastikan terjadinya kegiatan monitoring dan evaluasi mutu akademik internal secara teratur.
  4. Menetapkan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi untuk UKDW.
  5. Melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi untuk UKDW secara berkelanjutan.

Tugas Pokok

Mengkoordinasi terlaksananya Sistem Penjaminan Mutu Internal yang berkelanjutan di UKDW.

Fungsi

  1. Dukungan pada rektorat dalam membuat/merevisi kebijakan/peraturan.
  2. Ketersediaan dokumen akademik dan dokumen mutu di seluruh tingkatan institusi serta koordinasi perevisiannya.
  3. Peningkatan kualitas akademik.
  4. Pemantauan proses pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai standar yang telah ditetapkan.
  5. Sosialisasi hasil temuan kepada yang berkepentingan untuk evaluasi dan perbaikan.
  6. Pengembangan kesadaran kualitas pada pihak internal dan eksternal.
  7. Penyediaan internal auditors untuk pelaksanaan Audit Mutu Internal.
  8. Koordinasi pelaksanaan Audit Mutu Internal.
  9. Pemantauan pelaksanaan akreditasi institusi dan program studi.
  10. Pelaporan ke Dikti secara berkala tentang perkembangan sistem penjaminan mutu internal.

Tujuan

Accountability

Memberikan pertanggungjawaban institusi kepada masyarakat, pemerintah, dan stakeholder lainnya, terutama melindungi pemakai jasa institusi (customer), sehingga tercapai kepuasan stakeholder.

 

Continuous quality improvement

Menguji dan meningkatkan mutu secara terus menerus, serta memelihara identitas institusi.

 

Recognition

Mendapat pengakuan, mampu berkompetensi dalam arena nasional dan internasional, sehingga meningkatkan pertukaran sumber daya manusia (dosen dan mahasiswa) tingkat fakultas, universitas, negara Asean dan negara lainnya.

 

Closely assisting leaders

Mendampingi pejabat (Rektorat, Dekanat, Kepala Unit) untuk memantau kinerja unit, mengevaluasi sesuai dengan standar, serta berfungsi sebagai penasehat dan kontrol.

Layanan

  1. Evaluasi kualitas pengajaran dosen (eqUKDW).
  2. Evaluasi kualitas perkuliahan (IP Dosen).
  3. Koordinator Pelaksana Audit Mutu Internal (AMI) Prodi dan Unit di UKDW.
  4. Pengendali SPMI di UKDW.
  5. Supervisi persiapan akreditasi prodi.

Daftar Auditor Internal Universitas

Saat ini UKDW telah memiliki 49 auditor internal, terdiri atas:

Nama
Prodi/UnitNama
Prodi/Unit
Djohan, MEM, Ph.D.Prodi BiologiDrs. Purnawan Hardiyanto, M.Ec., Dev.Prodi Manajemen
Pdt Yusak Tridarmanto, M.Th.Prodi Filsafat KeilahianDrs. Andreas Ari Sukoco, MMProdi Manajemen
Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D.Prodi ArsitekturRestyandito, S.Kom., M.SIS.Prodi Informatika
Yetli Oslan, S.Kom., M.T.Prodi Sistem InformasiDr. GuntoroProdi Biologi
Drs. Dhira Satwika, M.Sc.Prodi BiologiDrs. Guruh Prihatmo, M.S.Prodi Biologi
Umi Proboyekti, S.Kom., M.LIS.Prodi Sistem InformasiJunius Karel Tampubolon, S.Si., M.T.Prodi Informatika
Hangudi Widya Hutama, S.KomProdi InformatikaAloysius Airlangga Bajuadji, S.KomProdi Informatika
Hari WidodoAdministrasi AkademikDra. Mega Wati, M.Pd.Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Pratomo Nugroho Soetrana,M.A.Prodi InformatikaEddy Christianto, Ir.,MTProdi Arsitektur
Ir. Harianto Kristanto, M.T., M.MProdi Sistem InformasiYahya Wijaya, M.Th, Ph.D.Prodi Pasca Sarjana (S2) Filsafat Keilahian
Wimmie Handiwidjojo, Drs., MITProdi Sistem InformasiKisworo, Drs., M.Sc.Prodi Biologi
Astuti Yuli Setyani, S.E., M.Si., Ak.Prodi AkuntansiWahju Satria Wibowo, M.Hum.Prodi Filsafat Keilahian
Ari Christianti, S.E., M.S.M.Prodi ManajemenAgustini Dyah Respati, Dra., MBAProdi Akuntansi
Sri Suwarno, Ir., M.Eng.Prodi InformatikaAditya Wikan Mahastama, S.Kom.Prodi Informatika
Katon Wijana, S.Kom., M.T.Prodi Sistem InformasiDr-Ing. Wiyatiningsih, S.T., M.T.Prodi Arsitektur
Imelda Irmawati Damanik, S.T., MA(UD)Prodi ArsitekturWinta Tridhatu S, S.Ds.Prodi Desain Produk
Purwanto, Drs., S.T., M.T.Prodi Desain Produkdr. Arum Krismi, M.Sc, Sp.KKProdi Pendidikan Dokter
Dr. Singgih Santoso, M.M.Prodi ManajemenDr. Charis Amarantini, M.Si.Prodi Biologi
Dra. Putriana Kristanti, M.M., Akt.Prodi AkuntansiJoko Purwadi, S.Kom., M.Kom.Prodi Informatika
Dra. Ambar Kusuma Astuti, M.Si.Prodi Manajemendrg. MM. Suryani Hutomo, M.D.Sc.Prodi Pendidikan Dokter
Drs. Djoni Dwijono, Akt., M.T.Prodi Sistem InformasiDra. Umi Murtini, M.Si.Prodi Manajemen
Andreas Winardi, M.A.Prodi ManajemenRosa Delima, S.Kom., M.Kom.Prodi Informatika
Willy Sudiarto Raharjo, S.Kom, M.Cs.Prodi InformatikaLussy Ernawati, S.Kom., M.Acc.Prodi Sistem Informasi
R. Tosan Tri Putro, S.Sn., M.Sn.Prodi Desain ProdukDra. Aniek Prasetyaningsih, M.Si.Prodi Biologi
Farsijana Adeney-Risakotta, M.Sc., Ph.D.Prodi Manajemen

Struktur Organisasi

Tim InQA Prodi – Unit

Tim InQA Prodi – UnitNama
Filsafat Keilahian  

SK Rektor no. 033/B.02/PSDM/2018

Pdt. Daniel K. Listijabudi, M. Th
Pdt. Rena Sesaria Yudhita, M. Th.
Kaprodi Filsafat Keilahian S-1
Biologi  

SK Rektor no. 034/B.02/PSDM/2018

Dr. Dhira Satwika, M.Sc.
Dra. Haryati Bawole Sutanto, M.Sc.
Wakil Dekan Bidang Akademik Biologi
Akuntansi   

SK Rektor no. 036/B.02/PSDM/2018

Dra. Xaveria Indri Prasasyaningsih, M.Si
Maharani Dhian Kusumawati, SE., M.Sc., Ak., CA.
Wakil Dekan Bidang Akademik Akuntansi
Manajemen

SK Rektor no. 037/B.02/PSDM/2018

Lucia Nurbani Kartika, S.Pd., MM
Ari Christianti, S.E, MSM
Wakil Dekan Bidang Akademik Manajemen
Informatika 

SK Rektor no. 038/B.02/PSDM/2018

Restyandito, S.Kom., MSIS., Ph.D.
Lukas Chrisantyo A. A., S.Kom., M.Eng.
Wakil Dekan Bidang Akademik Teknik Informatika
Sistem Informasi

SK Rektor no. 039/B.02/PSDM/2018

Katon Wijana, S. Kom., M. T.
Drs. Wimmie Handiwidjojo, MIT
Wakil Dekan Bidang Akademik Sistem Informasi
Arsitektur  

SK Rektor no. 041/B.02/PSDM/2018

Patricia Pahlevi Noviandri, ST., M.Eng.
Linda Oktavia, S,T., M.T.
Wakil Dekan Bidang Akademik Arsitektur
Desain Produk  

SK Rektor no. 042/B.02/PSDM/2018

Kristian Oentoro, S. Ds., M. Ds. 
Christmastuti Nur, S.Ds, M.Ds
Wakil Dekan Bidang Akademik Desain Produk.
Kedokteran

SK Rektor no. 044/B.02/PSDM/2018

dr. Fransiska Galuh Widowati 
dr. Teguh Kristian Perdamaian, MPH 
Kaprodi Kedokteran
Profesi Dokter

SK Rektor no. 043/B.02/PSDM/2018

dr. Nanik Kusumaningrum, MPH
Kaprodi Profesi Dokter
Magister Arsitektur

SK Rektor no. 040/B.02/PSDM/2018

Dr. -Ing. Ir. Winarna, M.A.
Dr. -Ing., Ir. Paulus Bawole, MIP.
Kaprodi Magister Arsitektur.
Magister Manajemen

SK Rektor no. 035/B.02/PSDM/2018

Drs. Heru Kristianto, M.T.
Kaprodi Magister Manajemen.
 
Koordinatorat Mata Kuliah Humaniora 

SK Rektor no. 046/B.02/PSDM/2018

R. Bima Adi, M.Th., M.A., Ph.D.
Dra. Endah Setyowati M.Si., M.A.
Koordinator Koordinatorat Mata Kuliah Humaniora
Pendidikan Bahasa Inggris

SK Rektor no. 045/B.02/PSDM/2018

Ignatius Tri Endarto, S.Pd., M.A.
Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris
 

*Keterangan:yang tercetak tebal (bold) merupakan koordinator tim

Pejabat dan Staf

Pin It on Pinterest

Share This