Unit Penjaminan Mutu Institusi atau Institution Quality Assurance (InQA)

Keterangan Unit

  • Nama Unit              :  Unit Penjaminan Mutu Institusi Universitas Kristen Duta Wacana atau  Institution Quality Assurance (InQA)
  • Tanggal Berdiri       :  31 Oktober 2005
  • SK Pendirian            :  SK Rektor 016/B.07.b/UKDW/2005
  • Alamat                 :  Gedung Gnosis Lt. 1 Universitas Kristen Duta Wacana Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo No. 5 – 25 Yogyakarta 55224
  • Telepon                     :  0274 – 563 929 ext. 114
  • Jam Layanan            :  07.30 – 15.00 WIB
  • Email                          :  

Deskripsi Singkat

InQA singkatan dari Institution Quality Assurance. Bila dibaca dengan cepat, singkatan itu berbunyi “INKA”, yang mengacu pada peradaban INCA.

INCA mengacu pada suatu suku bangsa Indian di Amerika tahun 1200-1533 (Kerajaan Inca), berpusat di Cuzco Peru, dan mempunyai peradaban yang indah—terutama tampak pada Sistem Organisasi dan Tata Perkotaannya. Kehebatan penataan dan organisasi penyusunan kota mereka yang kompleks dan sangat memperhatikan lingkungan ini menginspirasi kerja InQA.

Berdasarkan SK Rektor UKDW No. 016/B.07.b/UKDW/2005, InQA UKDW dibentuk pada tanggal 31 Oktober 2005 – Bersamaan dengan Dies Natalis UKDW yang ke 43 – sebagai realisasi kesadaran pengelola institusi untuk mempertahankan, meningkatkan dan memperbaharui mutu pendidikan secara berkelanjutan di UKDW. Selain itu, berdirinya InQA juga didorong oleh kebijakan Dikti dan BAN-PT yang mengungkapkan bahwa bila lebih dari 75% dari program studi yang ada di Perguruan Tinggi telah mencapai nilai B atau A, maka pihak Perguruan Tinggi wajib memiliki Lembaga Penjaminan Mutu yang akan diakreditasi sehingga mampu menyelenggarakan akreditasi internal terhadap program studinya sendiri.

Visi

Terjadinya proses pemeliharaan, peningkatan dan pembaruan kualitas yang berkelanjutan di UKDW sebagai pertanggungjawaban institusi terhadap stakeholder sehingga UKDW dapat menjadi universitas yang handal dan terpercaya.

Misi

  1. Membangun, memelihara dan meningkatkan kesadaran dan komitmen pengelola institusi terhadap mutu pendidikan.
  2. Menggerakkan institusi untuk menetapkan standar dan membuat instrumen penilaian diri (self-assessment).
  3. Memastikan terjadinya kegiatan monitoring dan evaluasi mutu akademik internal secara teratur.
  4. Menetapkan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi untuk UKDW.
  5. Melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi untuk UKDW secara berkelanjutan.

Tugas Pokok

Mengkoordinasi terlaksananya Sistem Penjaminan Mutu Internal yang berkelanjutan di UKDW.

Fungsi

  1. Dukungan pada rektorat dalam membuat/merevisi kebijakan/peraturan.
  2. Ketersediaan dokumen akademik dan dokumen mutu di seluruh tingkatan institusi serta koordinasi perevisiannya.
  3. Peningkatan kualitas akademik.
  4. Pemantauan proses pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai standar yang telah ditetapkan.
  5. Sosialisasi hasil temuan kepada yang berkepentingan untuk evaluasi dan perbaikan.
  6. Pengembangan kesadaran kualitas pada pihak internal dan eksternal.
  7. Penyediaan internal auditors untuk pelaksanaan Audit Mutu Internal.
  8. Koordinasi pelaksanaan Audit Mutu Internal.
  9. Pemantauan pelaksanaan akreditasi institusi dan program studi.
  10. Pelaporan ke Dikti secara berkala tentang perkembangan sistem penjaminan mutu internal.

Tujuan

Accountability

Memberikan pertanggungjawaban institusi kepada masyarakat, pemerintah, dan stakeholder lainnya, terutama melindungi pemakai jasa institusi (customer), sehingga tercapai kepuasan stakeholder.

Continuous quality improvement

Menguji dan meningkatkan mutu secara terus menerus, serta memelihara identitas institusi.

Recognition

Mendapat pengakuan, mampu berkompetensi dalam arena nasional dan internasional, sehingga meningkatkan pertukaran sumber daya manusia (dosen dan mahasiswa) tingkat fakultas, universitas, negara Asean dan negara lainnya.

Closely assisting leaders

Mendampingi pejabat (Rektorat, Dekanat, Kepala Unit) untuk memantau kinerja unit, mengevaluasi sesuai dengan standar, serta berfungsi sebagai penasehat dan kontrol.

Layanan

  1. Evaluasi kualitas pengajaran dosen (eqUKDW).
  2. Evaluasi kualitas perkuliahan (IP Dosen).
  3. Koordinator Pelaksana Audit Mutu Internal (AMI) Prodi dan Unit di UKDW.
  4. Pengendali SPMI di UKDW.
  5. Supervisi persiapan akreditasi prodi.

Daftar Auditor Internal Universitas

 

Saat ini UKDW telah memiliki 53 auditor internal, terdiri atas:

Nama
Fakultas/UnitNama
Fakultas/Unit
Djohan, MEM, Ph.D.Fakultas BioteknologiDrs. Purnawan Hardiyanto, M.Ec.DevFakultas Bisnis
Pdt. Dr. Yusak Tridarmanto, M.ThFakultas TeologiDr. Andreas Ari Sukoco, M.M.,M.MinFakultas Bisnis
Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D.Fakultas Arsitektur dan DesainRestyandito, S.Kom, MSIS., Ph.DFakultas Teknologi Informasi
Yetli Oslan, S.Kom., M.T.Fakultas Teknologi InformasiDr. GuntoroFakultas Bioteknologi
Dr. Dhira Satwika, M.Sc.Fakultas BioteknologiDrs. Guruh Prihatmo, M.S.Fakultas Bioteknologi
Umi Proboyekti, S.Kom., M.LIS.Fakultas Teknologi InformasiJunius Karel Tampubolon, S.Si., M.T.Fakultas Teknologi Informasi
Hangudi Widya Hutama, S.KomAdmisi dan PromosiAloysius Airlangga Bajuadji, S.Kom., M.Eng.PUSPINdIKA
Hari WidodoBiro Administrasi AkademikDra. Mega Wati, M.Pd.Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
Pratomo Nugroho Soetrana,M.A.Koordinatorat Mata Kuliah HumanioraIr. Eddy Christianto, M.T., IAI.Fakultas Arsitektur dan Desain
Ir. Harianto Kristanto, M.T., M.MFakultas Teknologi InformasiPdt. Yahya Wijaya, Ph.DFakultas Teologi
Drs. Wimmie Handiwidjojo, MITFakultas Teknologi InformasiDrs. Kisworo, M.Sc.Fakultas Bioteknologi
Astuti Yuli Setyani, SE., MSi. AkFakultas BisnisPdt. Wahju Satria Wibowo, Ph.DFakultas Teologi
Ari Christianti, S.E., M.MSM.Fakultas BisnisDra. Agustini Dyah Respati, MBAFakultas Bisnis
Dr. Ir. Sri Suwarno, M.Eng.Fakultas Teknologi InformasiAditya Wikan Mahastama, S.Kom., M.Cs.Fakultas Teknologi Informasi
Katon Wijana, S.Kom., M.T.Fakultas Teknologi InformasiDr-Ing. Wiyatiningsih, S.T., M.T.Fakultas Arsitektur dan Desain
Imelda Irmawati Damanik, S.T., MA(UD)Fakultas Arsitektur dan DesainWinta T. Satwikasanti S., S.Ds., M. ScFakultas Arsitektur dan Desain
Drs. Purwanto, S.T., M.T. Fakultas Arsitektur dan Desaindr. Arum Krismi, M.Sc., Sp.KKFakultas Kedokteran
Dr. Singgih Santoso, M.M.Fakultas BisnisDr. Charis Amarantini, M.Si.Fakultas Bioteknologi
Dra. Putriana Kristanti, MM., Akt, CAFakultas BisnisJoko Purwadi, S.Kom., M.Kom.Fakultas Teknologi Informasi
Dra. Ambar Kusuma Astuti, M.Si.Fakultas Bisnisdrg. Suryani Hutomo, M.D.ScFakultas Kedokteran
Drs. Djoni Dwijono, Akt., M.T.Fakultas Teknologi InformasiDra. Umi Murtini, M.Si.Fakultas Bisnis
Andreas Winardi, M.A.Fakultas BisnisRosa Delima, S.Kom., M.Kom.Fakultas Teknologi Informasi
Willy Sudiarto Raharjo, S.Kom, M.Cs.Fakultas Teknologi InformasiLussy Ernawati, S.Kom., M.Acc. PUSPINdIKA
R. Tosan Tri Putro, S.Sn., M.Sn.Fakultas Arsitektur dan DesainDra. Aniek Prasetyaningsih, M.Si.Fakultas Bioteknologi
Farsijana Adeney-Risakotta, M.Si., Ph.D.Fakultas BisnisTri Yahya Budiarso, S.Si, M.P.Fakultas Bioteknologi
dr. The Maria Meiwati Widagdo, Ph.D.Fakultas KedokteranPatricia Pahlevi Noviandri, S.T., M.Eng.Fakultas Arsitektur dan Desain
Adaninggar Septi Subekti, M.Sc.Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

 

Struktur Organisasi

Tim InQA Prodi – Unit

Tim InQA Prodi – UnitNama

Teologi  

SK Rektor no. 033/B.02/PSDM/2018

Pdt. Daniel K. Listijabudi, M. Th
Pdt. Rena Sesaria Yudhita, M. Th.
Kaprodi Filsafat Keilahian S-1

Biologi  

SK Rektor no. 034/B.02/PSDM/2018

Dr. Dhira Satwika, M.Sc.
Dra. Haryati Bawole Sutanto, M.Sc.
Wakil Dekan Bidang Akademik Biologi

Akuntansi   

SK Rektor no. 036/B.02/PSDM/2018

Dra. Xaveria Indri Prasasyaningsih, M.Si
Maharani Dhian Kusumawati, SE., M.Sc., Ak., CA.
Wakil Dekan Bidang Akademik Akuntansi

Manajemen

SK Rektor no. 037/B.02/PSDM/2018

Lucia Nurbani Kartika, S.Pd., MM
Ari Christianti, S.E, MSM
Wakil Dekan Bidang Akademik Manajemen

Informatika 

SK Rektor no. 043/B.02/PSDM/2019

Lukas Chrisantyo A. A., S.Kom., M.Eng.
Maria Nila Anggia Rini, S.Kom., M.T.I.
Wakil Dekan Bidang Akademik Teknik Informatika

Sistem Informasi

SK Rektor no. 039/B.02/PSDM/2018

Katon Wijana, S. Kom., M. T.
Drs. Wimmie Handiwidjojo, MIT
Wakil Dekan Bidang Akademik Sistem Informasi

Arsitektur  

SK Rektor no. 041/B.02/PSDM/2018

Patricia Pahlevi Noviandri, ST., M.Eng.
Linda Oktavia, S,T., M.T.
Wakil Dekan Bidang Akademik Arsitektur

Desain Produk  

SK Rektor no. 042/B.02/PSDM/2018

Kristian Oentoro, S. Ds., M. Ds. 
Christmastuti Nur, S.Ds, M.Ds
Wakil Dekan Bidang Akademik Desain Produk.

Pendidikan Dokter

SK Rektor no. 044/B.02/PSDM/2018

dr. Fransiska Galuh Widowati 
dr. Teguh Kristian Perdamaian, MPH 
Kaprodi Kedokteran

Profesi Dokter

SK Rektor no. 043/B.02/PSDM/2018

dr. Nanik Kusumaningrum, MPH
Kaprodi Profesi Dokter

Magister Arsitektur

SK Rektor no. 040/B.02/PSDM/2018

Dr. -Ing. Ir. Winarna, M.A.
Dr. -Ing., Ir. Paulus Bawole, MIP.
Kaprodi Magister Arsitektur.

Magister Manajemen

SK Rektor no. 035/B.02/PSDM/2018

Drs. Heru Kristianto, M.T.
Kaprodi Magister Manajemen.
 

Koordinatorat Mata Kuliah Humaniora 

SK Rektor no. 046/B.02/PSDM/2018

R. Bima Adi, M.Th., M.A., Ph.D.
Dra. Endah Setyowati M.Si., M.A.
Koordinator Koordinatorat Mata Kuliah Humaniora

Pendidikan Bahasa Inggris

SK Rektor no. 045/B.02/PSDM/2018

Ignatius Tri Endarto, S.Pd., M.A.
Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris
 

Teologi (Program Doktor)

SK Rektor no. 046/B.02/PSDM/2019

Pdt. Dr. Yahya Wijaya, M.Th.
Pdt. Dr. Asnath Niwa Natar, M.Th.
Kaprodi Teologi (Program Doktor)

Ilmu Teologi (Program Magister)

SK Rektor no. 047/B.02/PSDM/2019

Pdt. Wahju Satria WIbowo, M.Hum., Ph.D.
Dr, Leonard Chrysostomos Eprafas, S.Si, M.Th.
Kaprodi Ilmu Teologi (Program Magister)

*Keterangan: yang tercetak tebal (bold) merupakan koordinator tim

Pembebasan Cekal Mahasiswa

Pembebasan cekal mahasiswa dikarenakan tidak mengisi kuesioner pada Semester GENAP 2017/2018 di eq.ukdw.ac.id dilayani mulai Kamis, 1 Agustus 2019 jam 07.30 – 15.00 WIB.

Pejabat dan Staff

Pin It on Pinterest

Share This