Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)

Keterangan Unit

  • Nama Unit : Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM)
  • Berdiri : 2004
  • SK Pendirian : 043/B.07.c/SK/Yas/VIII/2004
  • Alamat : Gedung Agape Lt. 1,  Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo no. 5 – 25 , Yogyakarta 55224
  • Telp. : (0274) 563929 Ext. 125, 126
  • Jam layanan : 08.00 – 15.00 WIB
  • Email 

Deskripsi Singkat

Semangat spiritualitas pelayan sosial yang begitu kuat dirasakan oleh para pendeta, dosen dan para pekerja gereja yang senang memperhatikan masalah sosial, maka pada awal 1980-an berdiri PMKD (Pelayanan Masyarakat Kota dan Desa), embrio yang menerapkan pola pelayanan yang identik dengan pola pelayanan LSM, berawal dari kepedulian sosial para pengajar dan mahasiswa yang sangat terkait dengan peran besar Sekolah Tinggi Theologia (STTh) Duta Wacana, pekerja gereja serta pihak-pihak lain yang peduli terhadap mereka yang miskin, lemah, tertindas, tersisihkan, terabaikan oleh proses pembangunan baik di kota maupun di desa. PMKD berubah menjadi LPM STTh. Duta Wacana setelah muncul Tri Dharma Perguruan Tinggi, namun orientasi pelayanannya sangat kental dengan komitment religiusitas, baik secara personal maupun secara institusional dipahami sebagai bagian dari orientasi pelayanan diakonia sebelum para alumnus kembali kepada institusi gereja masing-masing, sehingga semuanya itu memberikan warna yang tegas bahwa keberadaan LPM STTh Duta Wacana memberikan kontribusi yang sangat besar bagi sivitasnya. Paradigma yang dianut menjadi faktor penentu arah perkembangan lembaga. Aktivitas yang mewarnai kegiatan secara kelembagaan dari waktu ke waktu mulai generasi awal tahun 1980-an, paradigma yang dianut mereka yang melayani di PMKD cenderung masih menerapkan model pelayanan charity, hubungan kerjasama dengan gereja, sifat pelayanan rehabilitatif, orientasi top down, spektrum pelayanan masyarakatnya cukup luas.

Generasi berikutnya pada akhir tahun 1990-an, pola pelayanan yang berkembang lebih transformatif dimana pola charity berkurang drastis, orientasi kerjasama kegerejaan semakin kuat, produktifitas dan kualitas pelayanan lembaga semakin bagus, tumpangan tugas akademik semakin terasa, spektrum pelayannya tetap luas. Proses integrasi LPM STTh kedalam organisasi UKDW adalah sistem pengelolaan LPM dalam format otonomisasi unit. Namun disadari bahwa proses pencarian jati diri LPM harus melalui proses panjang dengan konsekwensi logis bahwa LPM harus mengalami “pergeseran sejarah” dimana aktivitas terbesar diarahkan kepada dunia akademik.

Pada tahun 2000 LPM dipahami sebagai paradigma baru yang bisa mencakup dua kepentingan besar yaitu pelayanan kedalam (sivitas) dan pelayanan keluar (masyarakat) dengan kualitas yang lebih baik. Sesuai dengan visi dan misi dalam mengemban penelitian dan pengabdian masyarakat yang sinergis maka LPM menemukan bentuknya yang khas dengan pola jejaring baru yang menguntungkan semua pihak. Pekerjaan LPM bukan saja pekerjaan setingkat unit tetapi merupakan basis pekerjaan besar yang kita pahami sebagai motor penggerak yang cukup strategis dalam menggerakkan seluruh aktivitas sebagai sebuah lembaga universitas. Sampai pada akhirnya di tahun 2004 Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UKDW dibentuk dengan dikeluarkan Surat Keputusan Dewan Pengurus Yayasan “Perguruan Tinggi Kristen Duta Wacana” nomor 043/B.07.c/SK/Yas/VIII/2004. Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat UKDW lahir sebagai hasil peleburan 2 buah lembaga yaitu Lembaga Penelitian dan Inovasi Pendidikan (PPIP) dengan Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM) UKDW.

VISI

Mengembangkan motivasi dan kemampuan sumber daya manusia dalam melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat secara profesional, inovatif dan bermutu berdasarkan kasih, kebenaran dan keadilan.

MISI

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana.
  2. Memotivasi dosen dan mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana untuk melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat secara profesional, inovatif dan bermutu.
  3. Mengembangkan optimasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian masyarakat melalui sharing informasi dan komunikasi  antar unit.
  4. Meningkatkan pelaksanaan kegiatan kerjasama dan, termasuk didalamnya upaya peningkatan motivasi, pelaksanaan sistim administrasi, promosi hasil-hasil penelitian dan pengabdian dan pengembangan kerjasama dengan berbagai pihak terkait.

LAYANAN UNIT

  1. Mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terkait dana hibah dari DRPM Kemenristek Dikti; DIPA Kopertis;   Bappeda Pemkot Kota Yogyakarta; dan dana hibah dari Instansi Pemerintah yang bersifat Kompetisi.
  2. Mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terkait dana hibah dari internal UKDW (LPPM)
  3. Mengelola dan meng-update Status Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi dan Kinerja Pengabdian kepada Masyarakat (UKDW) pada laman SIMLITABMAS Kemenristekdikti.
  4. Menjalankan peran sebagai fasilitator dan motivator kepada sivitas akademika dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  5. Menyebarluaskan informasi pembiayaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  6. Membangun, menjalin dan mengembangkan kerjasama dengan Pemerintah Daerah terkait pelaksanaan KKN dan lokasi kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Misal: Bappeda Propinsi DIY; Kabupaten Kulon Progo; Kabupaten Gunung Kidul; Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Halmahera, Kabupaten Ngada.
  7. Membangun, menjalin dan mengembangkan kerjasama dengan Gereja Pendukung terkait pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat baik atas inisiatif LPPM UKDW maupun atas inisiatif dari masyarakat/gereja.
  8. Membuat Buku Panduan dan SOP kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di tingkat internal (LPPM UKDW), misal diantaranya: rekrutmen penilai internal (reviewer), seminar hasil penelitian dan PkM, penjaminan mutu dan SDM, desk evaluation, penetapan pemenang, kontrak penelitian, monev internal, pelaporan hasil penelitian, sistem penghargaan reward, dan tindak lanjut penelitian)
  9. Merancang, membuat dan mengembangkan skema penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang ditawarkan ke seluruh fakultas/prodi di lingkungan UKDW, termasuk penerbitan Buku Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
  10. Menyelenggarakan kegiatan forum ilmiah misal: Seminar Hasil Penelitian dalam rangka Dies Natalis UKDW (2015), Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat (2016)
  11. Menyelenggarakan workshop, seminar, pelatihan dalam usaha meningkatkan kuantitas dan kualitas kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  12. Memberikan sumbang saran dan masukan dalam membuat dokumen-dokumen yang berlaku di tingkat universitas: RIP Universitas, Rencana Strategis Pengabdian kepada Masyarakat, 8 Standar Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SN Dikti) bagi UKDW.
  13. Mengelola kerjasama dengan para pemangku kepentingan terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

 

PEJABAT DAN STAFF

Mujiono

Sekretaris LPPM Pendidikan S1 : Ekonomi, Universitas Terbuka S2 : Biology Department College of Science, De La Salle University-Manila The Phillipines Email...

Verinda Christy

Bendahara dan Administrasi Unit Pendidikan S1 : Akuntansi, Universitas Kristen Duta Wacana Email :   Facebook...

Pin It on Pinterest

Share This