Mata Kuliah Humaniora (MKH)

Keterangan Unit:

  • Nama Unit    : Mata Kuliah Humaniora (MKH)
  • Berdiri           : 2 Juli 2007
  • SK Pendirian : SK Rektor Nomor  019/B.07b/UKDW/2007
  • Alamat           : Gedung Agape Lt. 5, Jln. Dr. Wahidin 5-25, Yogyakarta 55224
  • Telp                : 0274-563929 ext. 521
  • Jam layanan  : 07.30 – 15.00 WIB

Deskripsi Singkat:

Unit Mata Kuliah Humaniora (MKH) merupakan unit yang berfungsi mengembangkan kompetensi umum mahasiswa yang berkenaan dengan pengembangan karakter dan ketrampilan bermasyarakat yang melengkapi kompetensi profesional melalui penyelengaraan mata kuliah humaniora yang dikoordinasikan dengan Fakultas dan Program Studi di UKDW.  

Unit MKH disahkan sebagai unit pada tanggal  2 Juli 2007 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor UKDW Nomer  019/B.07b/UKDW/2007. Pengesahan ini memberikan landasan bagi penyelengaraan sebuah unit pendukung kegiatan akademik yang sudah dimulai sejak berdirinya UKDW pada tahun 1985.

Visi:

Menjadi unit pendukung kegiatan akademik yang mampu membekali mahasiswa dalam pengembangan profesi secara mandiri dengan landasan nilai-nilai Kedutawacanaan di dalam konteks masyarakat yang plural.

Misi:

  1. Menyelenggarakan mata kuliah yang memberikan keseimbangan antara pendidikan profesional dan pendidikan nilai ciri khas UKDW
  2. Mengembangkan mata kuliah melalui pengayaan metode dan materi pembelajaran agar menjadi sarana pembelajaran nilai-nilai  spiritual dan kemasyarakatan yang dinamis dan menyenangkan.
  3. Memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang bersifat lintasdisiplin di UKDW
  4. Mengembangkan hubungan kerjasama dengan perguruan tinggi yang memiliki unit serupa maupun lembaga lain dalam penyelenggaraan pengajaran mata kuliah humaniora.

Tujuan

  • Pendukung Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta mengembangkan jejaring
  • Pelaksanaan penerapan nilai-nilai UKDW melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi
  • Pengembangan Kompetensi Umum mahasiswa melalui mata kuliah humaniora:
    1. Bidang Spiritualitas
    2. Bidang Pengembangan Wawasan Berbangsa
    3. Bidang Pemahaman Antardisiplin
    4. Bidang Apresiasi Seni

Layanan Unit:

Menawarkan dan mengoordinasikan penyelengaraan Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) dan Matakuliah Ketrampilan Bermasyarakat (MBB) dengan Fakultas/Progam Studi di UKDW yang terdiri atas : 

SifatNama MatakuliahSKS
Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)
 W Pendidikan Agama Kristen3
 W Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan3
 W Bahasa Indonesia3
Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)
 W Ilmu Kealaman Dasar (Prodi Sosial/Humaniora)3
 W Ilmu Sosial dan Budaya Dasar (Prodi Eksakta)3
Mata Kuliah Pilihan Wajib
 W/P Etika3
 W/P Pendidikan HAM dan Demokrasi3
 W/P Apresiasi Seni Musik3
 W/P Apresiasi Seni3
 W/P Pendidikan Perdamaian

3

 

Mata Kuliah Humaniora

  1. Bidang :  Spiritualitas dan Moral
    1. Nama Matakuliah :  Pendidikan Agama Kristen (PAK)
      • Deskripsi Matakuliah :  Mata kuliah ini mencakup tinjauan beberapa bidang ilmu, misal sejarah, sosiologi, psikologi fenomenologi agama, dan teologi agama-agama terhadap  pemahaman dan kehidupan beragama, khususnya agama Kristen. Di dalam proses perkuliahan ini, mahasiswa dihadapkan pada pemikiran-pemikiran kritis sumbangan bidang-bidang tersebut. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu memanfaatkan pemikiran kritis itu sebagai sarana pengembangan kedewasaan kepribadiannya guna membangun perdamaian di dalam kemajemukan hidup beragama.
    2. Nama Matakuliah :  Etika
      • Deskripsi Matakuliah :  Mata kuliah ini menyajikan konsep dasar Etika secara teoritis, dan kemudian mengamati secara faktual apa yang terjadi sehubungan dengan tindakan manusia, sebagai pelaku, yang berbuat. Kebaikan dan keburukan adalah sebagai tindakan manusia, dianalisis secara etis. Apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh manusia akan dilihat sebagai penghayatan terhadap ilmu etika tersebut.
  2. Bidang :  Pengembangan Wawasan Berbangsa dan Bernegara
    1. Nama Matakuliah :  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
      • Deskripsi Matakuliah :  Mata kuliah ini membahas Pancasila dan konsep-konsep dasar mengenai relasi antar negara dan warga negara, dengan membahas  masalah-masalah aktual yang terjadi dalam hubungan antara warga negara dan negara. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa menyepakati  arti penting Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta  mampu mengenali hak-hak yang dimiliki sekaligus menjalankan kewajiban-nya sebagai warga negara Indonesia yang bertanggung-jawab dalam rangka membangkit-kan rasa cinta tanah air.
    2. Nama Matakuliah :  Pendidikan HAM dan Demokrasi
      • Deskripsi Matakuliah :  Mata kuliah ini menjabarkan nilai-nilai solidaritas kemanusiaan yang bersifat universal yang telah dikuatkan oleh Deklarasi Umum PBB. Indonesia telah  meratifikasi sebagian besar perjanjian internasional (konvensi) HAM, maka pengetahuan tentang konsep dan praktik HAM diperlukan sebagai sarana menumbuhkan sikap kritis terhadap kebijakan dan praktek perlindungan HAM. Pada akhir mata kuliah ini mahasiswa dapat mengidentifikasi pelanggaran HAM berdasarkan deklarasi umum PBB, Kovenan Hak SIPOL dan Hak EKOSOB serta menyusun alternatif pencegahan dan penanganan pelanggaran HAM.
  3. Bidang :  Pemahaman Antardisiplin
    1. Nama Matakuliah :  Ilmu Budaya dan Sosial Dasar
      • Deskripsi Matakuliah :  Mata kuliah ini diberikan sebagai sarana untuk membangun kesadaran sosial mahasiswa melalui pemahaman akan makna kebudayaan, proses-proses budaya, dan imaginasi sosiologis dengan merefleksikan kehidupan sosial yang ada pada kehidupan mereka sendiri berdasarkan latar belakang kebudayaan manusia secara universal dan tradisi khusus yang dibawa oleh individu. Pada akhir mata kuliah ini mahasiswa mampu mengembangkan analisis sederhana terhadap hasil studi lapangan akan fenomena kebudayaan yang terjadi dalam lingkaran sosial seseorang dan dirinya sendiri baik pada level individu, keluarga, masyarakat, dan negara/bangsa.
    2. Nama Matakuliah :  Ilmu Kealaman Dasar
      • Deskripsi Matakuliah :  Mata kuliah ini membahas konsep-konsep dasar mengenai alam semesta beserta isinya, termasuk manusia di dalamnya sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan darinya serta penerapan ilmu pengetahuan/ teknologi yang baik dan bertanggung jawab. Pada akhir mata kuliah ini mahasiswa dapat mengidentifikasi isu-isu yang timbul  dari pemanfaatan alam oleh perkembangan ilmu dan pengetahuan manusiadan mempraktekkan kegiatan melestarikan lingkungan dalam keseharian.
    3. Nama Matakuliah :  Pendidikan Perdamaian
      • Deskripsi Matakuliah :  Mata kuliah ini mencakup tinjauan teori dan praktik untuk membangun perdamaian. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu mengidentifikasi sumber-sumber konflik dan perdamaian yang ada di masyarakat dan menerapkan simulasi negosiasi dan mediasi, ritual perdamaian, menjadi anggota dalam asosiasi, serta menyusun tulisan berdasarkan refleksi atas pengalaman perkuliahan.
  4. Bidang :  Apresiasi
    1. Nama Matakuliah :  Apresiasi Seni Musik
      • Deskripsi Matakuliah :  Seni adalah bagian dari hasil karya dan kreasi manusia. Dan seni adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Seni itu indah. Seni itu bermanfaat bagi manusia. Musik adalah salah satu seni yang dapat mengungkapkan isi hati. Musik sebagai salah satu seni yang difungsikan sebagai sarana hiburan atau kesenangan. Selain itu musik juga dapat bermanfaat sebagai pengetahuan, pendidikan bahkan terapi dalam berbagai penyakit. Secara sempit musik sering digunakan sebagai gengsi dan status. Misalnya jenis musik tertentu dapat memberi isyarat bahwa seseorang ditempatkan pada status dan kelas tertentu: kelas kampungan, kuno, orang tua, anak muda, selebriti, borjuis, dll. Kelas-kelas tersebut biasanya dihubungkan dengan jenis musik yang mereka sukai, mulai dari musik: klasik, country, jazz, disco, kroncong, dangdut, tradisional, folksong dll. Apresiasi Musik perlu diupayakan untuk dapat melihat secara obyektif segala jenis musik yang disukai setiap pencintanya. Bila seseorang hanya dapat menikmati jenis musik tertentu, maka melalui apresiasi ini diharapkan setiap orang dapat menikmati keindahan jenis musik yang begitu banyak ragamnya.
    2. Nama Matakuliah :  Apresiasi Seni
      • Deskripsi Matakuliah :  Seni adalah suatu karya kreatif yang diciptakan oleh manusia yang berasal dari ide, gagasan, perasaan, suara hati, gejolak jiwa, yang diwujudkan atau diekspresikan, melalui unsur-unsur tertentu, yang bersifat indah untuk memenuhi kebutuhan manusia yang sifatnya tak terbatas. Mata kuliah ini  menjelaskan tentang  arti dan  makna seni sebagai  bagian dari hasil karya manusia dan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Seni itu indah, seni itu unik dan membawa manfaat yang dapat memuaskan, bahkan menakjubkan sebagai karya  yang dapat dinikmati  manusia.
  5. Bidang :  Pengembangan Kemampuan Berbahasa
    1. Nama Matakuliah :  Bahasa Indonesia
      • Deskripsi Matakuliah :  Mata kuliah ini mencakup aktivitas membaca dan menulis ilmiah, terutama yang terkait dengan bidang ilmu yang ditekuni mahasiswa. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu menyusun Esai dan Argumentasi dalam bahasa Indonesia yang baik dan efektif berdasarkan kriteria yang sudah diberikan di kelas.

Struktur Organisasi

PEJABAT DAN STAFF

Alviani Permata

Dosen MKH Pendidikan: S1: Fak. Sastra, UGM Yogyakarta; S2: Program Studi Antropologi, UGM Yogyakarta Email:

Pratomo Nugroho Soetrana

Dosen MKH Pendidikan: BA: Psikologi, Universitas Kristen Maranatha, Bandung; S2: Christian Education, Presbyterian School of Christian Education/ Union Presbyterian Seminary, Richmond, Virginia, USA...

Marsius P. Tinambunan

Dosen MKH Pendidikan: S1: Sekolah Tinggi Theologia Duwa Wacana Yogyakarta; S1: Asian Institute for Liturgy and Music, Manila, Philippines; S2: Ilmu Religi dan Budaya USD Yogyakarta...

Jeanny Dhewayani

Dosen MKH Pendidikan: S1: Fak. Ilmu Pendidikan, Jurusan Bhs. Inggris, IKIP Sanata Dharma; S2: Departement of Archeology, University of New Mexico; S3: Departement of Anthropology, The Australian National University...

Endah Setyowati

Dosen MKH Pendidikan: S1: Jurusan Sejarah, Fak. Ilmu Budaya, UGM Yogyakarta; S2: Magister Perdamaian dan Resolusi Konflik, UGM Yogyakarta S2: Coexistence and Conflict, the Heller School of Social Policy and Management, Brandeis University,...

R. Bima Adi

Dosen MKH Pendidikan: S1: Fakultas Theologia, UKDW Yogyakarta; S2: Magister Theologiae Program Pascasarjana UKDW; S2: M.A,, Vrije Universiteit , Amsterdam; S3: Ph.D., Vrije Universiteit, Amsterdam...

Hendra Sigalingging

  Dosen MKH Pendidikan: S1: Fak. Sastra, Porgram Studi Sastra Indonesia, USD Yogyakarta; S2: Ilmu Religi dan Budaya, USD Yogyakarta Email:

Tujiyana

Staff PPA MKH Administrasi Umum, Keuangan, dan Akademik Pendidikan: SMEA 1 Bantul Yogyakarta Email:  ...

Pin It on Pinterest

Share This