Pusat Pelatihan Bahasa (PPB)

 Keterangan Unit

Nama Unit      :Pusat Pelatihan Bahasa (PPB)
Hari/Jam Layanan:Senin – Jumat, 08.00 – 15.00
Alamat             :Gedung Euodia Lantai 1Jl. Dr. Wahidin 5-25 Yogyakarta 55224
Telepon           :+62-274-563929 Ext. 123 +62-822-4268-0073
Fax   :+62-274-513235
E-mail   :

@ppbukdw   Ppba Ukdw

Deskripsi Singkat

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor: 001/B.07.b/UKDW/2000 tanggal 3 Januari 2000 tentang Program Peningkatan Bahasa Inggris untuk mahasiswa UKDW, PPB adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang bertanggung jawab untuk mengelola pelaksanaan program Introduction to College English (ICE) yang merupakan program wajib non-SKS bagi seluruh mahasiswa UKDW kecuali mahasiswa Fakultas Teologi dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) sebagai prasyarat mengikuti kelas Bahasa Inggris Terapan (BIT) di fakultas/program studi masing-masing. ICE merupakan program yang diselenggarakan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris para mahasiswa UKDW

Era globalisasi menuntut setiap individu untuk mempersiapkan diri menjadi handal di banyak bidang, yang salah satunya adalah di bidang komunikasi. Dalam hal ini, keterampilan berbahasa Inggris sangat diperlukan baik dalam menguasai teknologi komunikasi maupun dalam berinteraksi secara langsung. Sebagai sarana komunikasi global, bahasa Inggris harus dikuasai secara aktif (lisan) maupun pasif (tertulis). Sehubungan dengan hal itu, PPB mengembangkan layanannya dengan menawarkan tidak hanya pelatihan bahasa Inggris tetapi juga pelatihan bahasa Korea, dan bahasa Mandarin, dan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Hal ini sejalan dengan visi Universitas “Menjadi universitas Kristen unggul dan terpercaya yang melahirkan generasi profesional mandiri bagi dunia pluralistik berdasarkan kasih”. 

Pelaksanaan program dan kegiatan PPB didukung oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Fakultas Kependidikan dan Humaniora dengan fasilitas laboratorium bahasa, Self-Access Center (SAC), perpustakaan mini, sarana audio visual, student tutor dan tenaga pengajar yang berpengalaman, termasuk di antaranya native speaker.

Visi

Visi Pusat Pelatihan Bahasa Universitas Kristen Duta Wacana adalah menjadi pusat pelatihan bahasa yang unggul dan terpercaya yang melahirkan generasi profesional mandiri yang mampu bersaing dalam kompetisi global, bekerjasama dengan orang yang berbeda latar belakang budaya serta mampu memanfaatkan peluang dalam dunia yang makin kompetitif, sehingga dapat berpartisipasi dalam memperjuangkan perdamaian, kemerdekaan, kebenaran, dan keadilan berdasarkan kasih.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bahasa yang kontekstual berbasis nilai-nilai kedutawacanaan.
  2. Melakukan riset dalam bidang bahasa yang berpihak pada nilai kemanusiaan
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat yang partisipatoris khususnya dalam bentuk pelatihan dan pendampingan bagi guru-guru Bahasa Inggris maupun siswa SMA.
  4. Membangun pusat pelatihan bahasa yang unggul dan kompetitif
  5. Mengembangkan sivitas akademika yang menghidupi nilai-nilai kedutawacanaan.

Layanan

  1. Program Introduction to College English(ICE) adalah program wajib bagi mahasiswa UKDW yang menjadi prasyarat untuk mengambil mata kuliah Bahasa Inggris Terapan (BIT) di fakultas/program studi.

ICE merupakan:

  • program pelatihan yang mengasah dan meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris yang meliputi speaking, listening, writing, dan reading
  • program yang dilaksanakan di dalam kelas kecil dengan jumlah mahasiswa maksimal 25 orang
  • program dengan berbagai kegiatan menarik untuk meningkatkan pemahaman budaya asing.
  • program yang terdiri dari 3 (tiga) level yaitu level 1, 2, dan 3 (level mahasiswa ditentukan oleh hasil placement testpada saat mengikuti Tes Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). Setiap level ICE terdiri dari 16 pertemuan (@150 menit) dan selesai dalam 16 minggu.
  1. English for Specific Purposes (ESP)atau Bahasa Inggris Terapan (BIT)
  2. Pelatihan bahasa Inggris sesuai dengan kebutuhan (tailor-made program)
  3. Pelatihan bahasa Inggris untuk umum, misalnya: General English Course, English Conversation Class, Public Speaking
  4. Pelatihan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)
  5. Pelatihan bahasa Korea (Korean Center UKDW)
  6. Pelatihan bahasa Mandarin
  7. Pelatihan dan simulasi mengikuti tes TOEFL, IELTS, dan TOEIC
  8. Layanan terjemahan dokumen

Biaya terjemahan:

  • Biaya terjemahan dokumen baku Rp 125.000,-/dokumen (ijazah, sertifikat, akta dll)
  • Biaya terjemahan dokumen/bukan dokumen baku (abstrak, proposal, kuisioner, dll):
  • Bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, biaya Rp 350,- /kata
  • Bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, biaya Rp 400,-/kata
  • Proofread, biaya Rp 200,-/kata
  • Hasil terjemahan akan disertai dengan pengesahan dari PPB UKDW.
  1. Layanan interpreter untuk seminar, workshop, dan program internasional lainnya.

Layanan PPB

Agenda

Belum Ada Agenda

Kegiatan PPB

Pejabat dan Staf

Agnes Ambar Yuliani

Staf Pusat Pelatihan Bahasa UKDW e-mail : Pendidikan:  SMA Negeri 3 Padmanaba Yogyakarta D3 Akademi Akuntasi YKPN-Yogyakarta Instagram Twitter Facebook

Pin It on Pinterest

Share This