Teknologi memang tidak bisa dijauhkan dari kehidupan yang modern, karena dengan berkembangnya teknologi semakin memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih efektif dan efisien. Bahkan sekarang, rasanya hampir semua orang tidak bisa lepas dari internet. Namun dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat, tidak sedikit pula oknum yang memanfaatkannya untuk melakukan kejahatan. Banyak modus penipuan yang beredar dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Kasus-kasus penipuan dengan teknik rekayasa dan manipulasi psikologis pun terus berkembang. Setelah marak penipuan berkedok memenangkan hadiah via SMS, kali ini seleksi masuk perguruan tinggi pun dijadikan modus baru para penipu ini.

Pihak Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menghimbau masyarakat supaya berhati-hati terhadap aksi oknum yang mengatasnamakan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UKDW Yogyakarta. Modusnya, oknum tersebut menghubungi calon mahasiswa baru UKDW Yogyakarta lewat telepon, whatsapp, SMS, email, maupun media sosial dengan cara meminta sejumlah uang pendaftaran PMB.

Kepala Unit Admisi dan Promosi UKDW Yogyakarta, Veronica Tiara K., S.Kom, menyebutkan bahwa pihaknya telah melaporkan kasus penipuan yang mengatasnamakan pihak UKDW ke Sat Reskrim Polresta Yogyakarta pada hari Rabu, 24 Juni 2020. “Kami berupaya menindaklanjuti laporan-laporan dari orang tua maupun calon mahasiswa baru yang akan berkuliah di UKDW terkait tindak penipuan ini ke pihak berwajib supaya diproses lebih lanjut,” ungkapnya

Lebih lanjut Veronica berharap supaya masyarakat lebih waspada terhadap aksi penipuan seperti ini. “Jangan langsung percaya pada oknum yang menelepon, mengirimkan sms, whatsapp, maupun email mengatasnamakan pihak UKDW yang dapat membantu masuk kuliah di UKDW dengan cara meminta sejumlah uang pendaftaran,” terang Veronica.

Veronica menyarankan calon mahasiswa baru maupun masyarakat umum untuk mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada Panitia PMB UKDW di nomor 081391607395 atau 0274550657, jika ada oknum yang mengaku dari UKDW Yogyakarta meminta sejumlah uang terkait PMB. “Semua informasi terkait hasil penerimaan calon mahasiswa baru dapat dilihat mandiri di laman pmb.ukdw.ac.id pada menu lihat hasil seleksi dengan masuk sistem dan mengunduh surat penerimaan mahasiswa baru UKDW,” pungkas Veronica.

Pin It on Pinterest

Share This