Dr. -Ing. Wiyatiningsih, S.T., M.T. resmi dilantik menjadi Rektor Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta pada hari Jumat, 31 Maret 2023 di Auditorium Koinonia UKDW. Dr. -Ing. Wiyatiningsih, S.T., M.T. merupakan rektor ke-7 sekaligus rektor perempuan pertama di UKDW Yogyakarta yang menjabat untuk periode 2023-2027. Dirinya terpilih menggantikan Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D., rektor sebelumnya, yang telah menjabat selama delapan tahun.

Dalam sambutannya, Dr. -Ing. Wiyatiningsih, S.T., M.T. menyatakan UKDW memiliki empat nilai yang dapat dijadikan sebagai pijakan untuk berpikir, bersikap, beraktivitas dan berinteraksi baik di dalam maupun di luar kampus. “Pengamalan nilai-nilai UKDW dalam kehidupan kampus sehari-hari akan memperkuat karakter UKDW yang semakin berkualitas dan membedakannya dari kampus lain,” ungkapnya.

Sebagai Rektor UKDW yang baru, Dr. -Ing. Wiyatiningsih, S.T., M.T. berharap perubahan yang berjalan pesat di era teknologi modern saat ini mendorong tumbuhnya inovasi yang seolah tak terbatas. UKDW menjadikan perubahan tersebut sebagai tantangan yang harus dihadapi bersama. Oleh karenanya, diperlukan kolaborasi yang sinergis dengan berpijak pada nilai-nilai UKDW untuk menjadikan UKDW semakin unggul dan tangguh.

Sementara itu, Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D., menyampaikan bahwa pada dua periode kepemimpinannya, berbagai upaya diarahkan untuk memperbaiki tata kelola, membangun kepercayaan, dan semangat bekerja sama untuk saling memahami dan mendukung mencapai visi misi bersama. Terlebih sejak pandemi Covid-19 yang terjadi pada awal Maret 2020, pimpinan UKDW memfokuskan pada kebijakan-kebijakan UKDW yang penting dan genting dalam merespons bahaya pandemi bagi keselamatan dan kesehatan sivitas akademika dalam melakukan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang pada waktu itu harus dilakukan secara daring (online).

“Kita bersyukur infrastruktur IT maupun Learning Management System (LMS) yang telah dikembangkan UKDW sebelum pandemi, terbukti sangat membantu dan mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh,” ungkapnya.

Sebagai penutup, Henry Feriadi berpesan, “Kiranya UKDW menjadi kampus yang inspiratif dan transformatif bukan untuk menara gading ilmu pengetahuan dan teknologi atau mengejar reputasi akademik saja, namun dipakai untuk membangun kemandirian, menggapai kesejahteraan, menunjukkan keadilan, serta keberpihakan pada yang lemah dan tersingkirkan”.  

Dalam acara tersebut, dilantik pula para wakil rektor yang akan bersinergi selama empat tahun ke depan yakni Dr. Rosa Delima, S.Kom., M.Kom. sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Riset; Ambar Kusuma Astuti, S.E., M.Si. sebagai Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Pengembangan Aset; Dr. Parmonangan Manurung, S.T., M.T., IAI. sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, Informasi, dan Inovasi; serta Pdt. Wahju Satria Wibowo, Ph.D. sebagai Wakil Rektor Bidang Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia, Promosi, dan Jejaring.

Pin It on Pinterest

Share This