Fakultas Arsitektur dan Desain

Fakultas Arsitektur dan Desain merupakan hasil dari pemekaran Fakultas Teknik, terdiri dari dua program studi yaitu Teknik Arsitektur dan Desain Produk. Resmi berdiri pada Oktober 2010 dengan semangat “nurture, innovate, conserve”

Telp:
(+62) 274 563929 ext 504

Fax:
(+62) 274 513235

Email:

 

Sejarah Fakultas

Gereja-gereja pendukung Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana menyadari bahwa gereja harus lebih berperan serta dalam pembangunan Nasional dan pencerdasan bangsa, kebutuhan akan pendidikan tinggi dalam rangka Pembangunan Nasional harus diperluas, tidak hanya melalui pendidikan spiritual tetapi juga melalui bidang-bidang lain yang diperlukan di masa depan oleh masyarakat luas. karena itu gereja-gereja pendukung ini sepakat untuk meningkatkan pelayanannya dengan mengembangkan sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana menjadi Universitas Kristen Duta Wacana, maka secara resmi berdirilah Universitas Kristen Duta Wacana, pada 31 Oktober 1985 walaupun secara operasional sudah mulai berjalan sejak bulan Mei 1985.

Pada tahun pertama (1985) dibuka Fakultas Ekonomi Jurusan manajemen dan Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur. Tahun berikutnya (1986) dibuka satu jurusan lagi pada Fakultas Teknik yaitu Jurusan Teknik Informatika. Pada tahun 1987 didirikan pula Fakultas Biologi Jurusan Biologi Lingkungan. Pada Tahun 2005 Fakultas Teknik membuka dua program studi baru masing-masing Program Studi Desain Produk dan Program Studi Sistem Informatika. Dengan berjalannya waktu semakin terlihat rumpun program studi yang saling
berdekatan dan sangat memnugkinkan untuk berkembang menjadi Fakultas tersendiri. Pada Tahun 2011 Fakultas Teknik diubah menjadi Fakultas Arsitektur dan Desain dengan Program Studi S1 – Teknik Arsitektur dan Program Studi S1 -Desain Produk dan Fakultas Teknik Informatika dengan Program Studi S1 -Teknik Informatika dan Program Studi S1 – Sistem informatika.

Pengurus Fakultas

Dr.-Ing. Wiyatiningsih, S.T., M.T.

Dekan Fakultas Arsitektur dan Desain

Prof. Ir. Titien Saraswati , M.Arch., Ph.D.

Wakil Dekan Bidang Akademik Magister Arsitektur

Dr.-Ing. Sita Yuliastuti Amijaya, S.T., M.Eng.

Wakil Dekan Bidang Akademik Arsitektur

Ir. Eddy Christianto, M.T.

Wakil Dekan Bidang Akademik Desain Produk

Drs. Purwanto, S.T., M.T.

Wakil Dekan Bidang Keuangan, SDM, dan Sarana Prasarana

Parmonangan Manurung, S.T., M.T.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama

Visi

Menjadi Fakultas Arsitektur dan Desain yang mampu mengembangkan rekayasa desain dalam rangka mewujudkan lingkungan berkelanjutan berdasarkan keadilan, kesetaraan dan kasih.

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran rekayasa desain yang peka terhadap konteks sosial, budaya dan lingkungan.
  • Melakukan riset pengembangan rekayasa desain yang menjawab permasalahan masyarakat yang adil, setara berdasarkan kasih.
  • Turut serta dalam pemberdayaan masyarakat melalui program pengabdian masyarakat yang kontekstual
  • Menumbuhkembangkan kecakapan dalam bidang kepemimpinan, komunikasi, dan kewirausahaan.
  • Memperluas jejaring untuk mendukung proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.
  • Aktif dalam mendiseminasikan hasil karya akademik demi mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

Koordinator

Dr.-Ing. Gregorius Sri Wuryanto, S.T., M.Arch.

Koordinator Lab Perancangan Arsitektur dan Tektonika

Patricia Pahlevi Noviandri, S.T., M.Eng.

Koordinator Lab Fisika Bangunan

Ir. Mahatmanto, M.T.

Koordinator Lab Sejarah Perkembangan Arsitektur dan Arsitektur Nusantara

Dr.-Ing. Ir. Paulus Bawole, MIP.

Koordinator Lab Lingkungan Kota & Permukiman

Prof. Ir. Titien Saraswati , M.Arch., Ph.D.

Ketua Dewan Redaksi Jurnal Atrium

Dr.-Ing. Ir. Winarna, M.A.

Koordinator Tugas Akhir Arsitektur

Ferdy Sabono, S.T., M.Sc.

Koordinator Praktik Profesi Arsitektur

Tosan Tri Putro, S.Sn., M.Sn.

Koordinator Lab Fotografi Digital dan Koordinator KP Desain Produk

Winta Adhitia Guspara, S.T.

Koordinator Lab Biomimikri dan Ergonomi

Drs. Purwanto, S.T., M.T.

Koordinator Lab Bahan-Logam dan Koordinator Tugas Akhir Desain Produk

Centaury Harjani, S.Ds., M.Sn.

Koordinator Lab Bahan-Kaca

Christmastuti Nur, S.Ds., M.Ds.

Koordinator Lab Bahan-Serat

Dra. Koni Herawati, S.Sn., M.Sc.

Koordinator Lab Bahan-Keramik

Marcellino Aditya Mahendra, S.Ds.

Koordinator Lab Bahan Rotan, Kayu, Bambu

Senat Fakultas Arsitektur dan Desain

Dr. -Ing. Wiyatiningsih, S.T., M.T.

Ketua Senat FAD

Ir. Eddy Christianto, M.T.

Anggota Senat FAD

Ir. Henry Feriadi, M.Sc., Ph.D.

Anggota Senat FAD

Dr. -Ing. Gregorius Sri Wuryanto, S.T., M.Arch.

Anggota Senat FAD

Prof. Ir. Titien Saraswati , M.Arch., Ph.D.

Anggota Senat FAD

Drs. Purwanto, S.T., M.T.

Anggota Senat FAD

Dr. -Ing., Ir. Paulus Bawole, MIP.

Anggota Senat FAD

Dr.-Ing. Sita Yuliastuti Amijaya, S.T., M.Eng.

Anggota Senat FAD

Parmonangan Manurung, M.T., IAI.

Anggota Senat FAD

Dr.-Ing. Ir. Winarna, MA.

Anggota Senat FAD

Informasi Program Studi

Arsitektur

Program Studi Arsitektur telah meraih Peringkat Akreditasi A (Sangat Baik) dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak tahun 2005. Program Studi ini berencana untuk mengembangkan sistem belajar Research by Design antara lain dengan penerapan tugas-tugas tematik setiap tahun akademik yang kemudian dijadikan acuan oleh para Dosen dalam menentukan tugas-tugas kepada mahasiswa. Mahasiswa kemudian akan diajak untuk melihat persoalan, merumuskannya, membuat suatu Project Design serta mendiskusikannya dalam kelas.

Metode pengajaran diarahkan untuk menghasilkan arsitek-arsitek yang unggul dalam hal tektonika arsitektur, memahami kehidupan kampung-kota, peduli pada lingkungan (Pro Green Architect) serta berjiwa entrepreneur.

Desain Produk

Yogyakarta merupakan kota budaya yang menyimpan ribuan pengrajin dan pekerja seni dan sekaligus merupakan gudangnya kaum cendekiawan ilmuwan dan seniman /budayawan.  Banyak karya seni budaya yang telah dihasilkan, banyak sekali pemikiran dan ide kreatif  telah dihasilkan dan diwujudkan.  Potensi kreatifitas hasil karya sumber daya manusia (SDM) Daerah Istimewa Yogyakarta yang tak ternilai harganya inilah yang  mengilhami dan mendorong dibukanya Program Studi Desain Produk pada tanggal  10 Mei 2005, sebuah program studi yang diharapkan menghasilkan bibit unggul yang di bidang Produk Desain Produk desain bermula dari pengertian yang berkait dengan spesifikasi mendetail tentang rancang bangun suatu produk/barang atau bagian dari barang  yang saling berkaitan, yang dirancang agar produk tersebut memiliki performa yang  efisien,  ekonomis, aman (safe) dan nyaman  (ergonomic)  serta menarik (aesthetic ) bagi penggunanya. Oleh karena itu kompetensi seorang “Produk Desainer” diharapkan dapat memberikan solusi  terhadap berbagai masalah hadirnya sebuah “barang” , sehingga ia dapat merangcang bangun kembali  atau menciptakan  sesuatu produk  yang baru dengan berbagai kelebihan.

Magister Arsitektur

Program Studi Magister Arsitektur UKDW adalah Program Magister pertama di lingkungan Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW yang berdiri pada tahun 2015, dengan Keputusan Menristek Dikti Nomor 116/M/Kp/III/2015 tanggal 31 Maret 2015. Sehingga Program Studi Magister Arsitektur UKDW berada di bawah pengelolaan Fakultas Arsitektur dan Desain UKDW. Program Studi ini pada dasarnya diselenggarakan pada umumnya untuk menjawab tuntutan pembangunan dan pada khususnya untuk pengembangan ilmu pengetahuan di bidang Teknik Arsitektur, yang meliputi:

  • Kebutuhan akan tenaga perancang profesional yang memiliki kemampuan untuk mencari, membaca, memahami dan mengkaji serta memetakan berbagai persoalan perkotaan dan permukiman dan mencari solusi-solusi untuk perbaikan serta peningkatan kualitas habitat dan kehidupan manusia secara utuh dan berkelanjutan.
  • Kebutuhan akan peningkatan kualitas sumber daya manusia di kalangan Pemerintahan di bidang Perencanaan dan Perancangan Kawasan Perkotaan dan Permukiman.
  • Kebutuhan akan tenaga pengajar di bidang teknik Arsitektur skala kawasan (meso) yang berderajat S2.

Pegawai Pendukung Akademik

Desy Purnomo

Hendriana Dyah Anggraeni

Tri Novita Utami

Kharis Wahyu Trianto

Novita Sari

Aditya Prasetyawan

Pin It on Pinterest

Share This