Fakultas Teknologi Informasi

Fakultas Teknologi Informasi UKDW sejak awal berdirinya terus berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan bidang Informatika dan Sistem Informasi yang berkualitas dan berintegritas sesuai karakter Kedutawacanaan.


Telp : +62–274–563929 ext 321
Fax : +62–274–513235 atau (+62)- 274–8509556
Email : fti@staff.ukdw.ac.id

Sejarah

Tokoh-tokoh Pendiri

Pendirian Fakultas Teknologi Informasi diawali dari inisiatif tokoh-tokoh Kristen Yogyakarta, antara lain Ir. Jacobus B. Wiryawan, Ir. F.X. Soesianto, B.Sc. dan Let. Kol. Dharminto, D., MSc. serta para pimpinan awal universitas melihat bahwa Universitas Kristen Duta Wacana harus berkiprah dan berperan untuk mencerdaskan bangsa ini tidak hanya di bidang Pendidikan Tinggi Teologia semata, tetapi juga dibidang lain, dan salah satu yang disepakati pada waktu itu adalah pendidikan komputer.

Fakultas Teknik (1986 – 2011)

Dibawah naungan Fakultas Teknik, maka pada tahun 1986/1987 dibukalah pendidikan komputer yang pada waktu itu diberi nama Jurusan Teknik Informatika. Sejak tahun 1986, jurusan Teknik Informatika disesuaikan menjadi Program Studi Teknik Informatika.

Tidak hanya sampai disitu saja, para pemangku kepentingan juga menyetujui pembukaan  program studi lain dibawah Fakultas Teknik yaitu Program Studi Desain Produk sebagai pengembangan Program Studi Arsitektur. Akhirnya di Tahun Ajaran yang sama yaitu 2005/2006 Fakultas Teknik berkembang dan mempunyai empat program studi, yaitu: Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Arsitektur, dan Desain Produk. Perkembangan ilmu dan teknologi semakin mengerucutkan kekhasan dari setiap rumpun ilmu tersebut. Disamping itu dengan 4 program studi di bawah fakultas Teknik semakin menambah jumlah mahasiswa dan dosen.

Fakultas Teknologi Informasi (Januari, 2011 – … )

Hal ini tentu saja menuntut tata kelola yang lebih modern dan profesional yang didasari oleh ke khasan masing-masing prodi. Akhirnya demi meningkatkan tata kelola yang lebih baik, lebih tajam, dan efektif, maka disetujuilah usulan pengembangan Fakultas Teknik menjadi 2 fakultas, yang masing-masing adalah Fakultas Teknologi Informasi serta Fakultas Arsitektur dan Desain. Fakultas Teknologi Informasi mewadahi 2 program studi yaitu Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Sementara Fakultas Arsitektur dan desain membawahi 2 program studi yaitu Program Studi Teknik Arsitektur dan Program Studi Desain Produk. Perubahaan Fakultas Teknik menjadi Fakultas Teknologi Informasi dan Fakultas Arsitektur dan Desain ditetapkan pada tanggal 1 Januari 2011 melalui Surat Keputusan Yayasan tertanggal 25 Agustus 2010 dengan nomor: 085/B.07.c/SK/Yas/2010. Dengan SK ini, maka secara resmi berdirilah FTI pada 1 Januari 2011.

Pengurus Fakultas

Budi Susanto, S.Kom., M.T.

Dekan

Gloria Virginia, S.Kom., MAI, Ph.D.

Wakil Dekan I Bidang Akademik (Ketua Program Studi Informatika) dan Pelaksana InQA Program Studi Informatika

Drs. Jong Jek Siang, M.Sc.

Wakil Dekan I Bidang Akademik (Ketua Program Studi Sistem Informasi) dan Pelaksana InQA Program Studi Sistem Informasi

Dra. Krisni Noor Patrianti, M.Hum.

Wakil Dekan II Bidang Keuangan

Willy Sudiarto Raharjo, S.Kom., M.Cs.

Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan

Visi

Menjadi fakultas yang unggul dan terpercaya di kawasan nasional untuk menghasilkan generasi profesional mandiri yang bertanggung-jawab dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi Informasi (To be an excellent and a trustworthy faculty in the national level that creates a new breeds of professional which responsible in developing science and information technology).

 

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang kontekstual di bidang ilmu pengetahuan dan Teknologi Informasi dengan pendekatan interdisipliner berbasis nilai- nilai Kedutawacanaan.
  • Melakukan riset pengembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi Informasi secara inovatif, aplikatif dan berwawasan lingkungan berbasis nilai-nilai Kedutawacanaan.
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat di bidang Teknologi Informasi yang kontekstual dan partisipatoris.
  • Membangun Fakultas Teknologi Informasi yang unggul dan kompetitif.
  • Mengembangkan sivitas akademika Fakultas Teknologi Informasi yang menghidupi nilai-nilai Kedutawacanaan.

Struktur Organisasi

Koordinator

Laurentius Kuncoro P. S., S.T., M.Eng.

Ketua Pelaksana Redaksi Jurnal JUTEI dan Koordinator Kerja Praktek

Restyandito, S.Kom., MSIS, Ph.D.

Ketua Pelaksana Pusat Studi

Antonius Rachmat C., S.Kom., M.Cs.

Koordinator Skripsi Program Studi Informatika

Drs. Wimmie Handiwidjodjo, MIT.

Koordinator Skripsi Program Studi Sistem Informasi

Umi Proboyekti, S.Kom., MLIS.

Koordinator Lab Fakultas Teknologi Informasi

Argo Wibowo, S.T., M.T.

Koordinator Kerja Praktek Program Studi Sistem Informasi

Danny Sebastian, S.Kom., M.M., M.T.

Koordinator Promosi Fakultas Teknologi Informasi

Halim Budi Santosa, S.Kom., MBA, M.T

Koordinator Promosi Fakultas Teknologi Informasi

Rosa Delima, S.Kom., M.Kom.

Koordinator Penelitian dan Pengabdian Fakultas Teknologi Informasi

Senat Fakultas Teknologi Informasi

Budi Susanto, S.Kom., M.T.

Ketua Senat FTI

Drs. R Gunawan S., M.Si.

Sekretaris Senat FTI

Drs. Jong Jek Siang, M.Sc

Anggota Senat FTI

Gloria Virginia, S.Kom., MAI, Ph.D.

Anggota Senat FTI

Dra. Krisni Noor Patrianti, M.Hum.

Anggota Senat FTI

Willy Sudiarto Raharjo, S.Kom., M.Cs.

Anggota Senat FTI

Halim Budi Santoso, S. Kom.,MT., MBA

Anggota Senat FTI

Drs. Wimmie Handiwidjojo, MIT.

Anggota Senat FTI

Joko Purwadi, S.Kom., M.Kom.

Anggota Senat FTI

Budi Sutedjo Dharma Oetomo, S.Kom., M.M.

Anggota Senat FTI

Nugroho Agus Haryono, S.Si., MSi.

Anggota Senat FTI

Rosa Delima, S.Kom., M.Kom.

Anggota Senat FTI

Dr. Ir. Sri Suwarno, M.Eng.

Anggota Senat FTI

Restyandito, S.Kom., MSIS., Ph.D.

Anggota Senat FTI

Widi Hapsari, Dra., M.T.

Anggota Senat FTI

Erick Kurniawan, S.Kom., M.Kom.

Anggota Senat FTI

Umi Proboyekti, S.Kom., MLIS.

Anggota Senat FTI

Dr. Lucia Dwi Krisnawati

Anggota Senat FTI

Antonius Rachmat C., S.Kom.,M.Cs.

Anggota Senat FTI

Informasi Program Studi

Informatika

Program Studi Informatika  adalah salah satu program studi di bawah naungan FTI, Universitas Kristen Duta Wacana. Secara Khusus, Prodi Informatika UKDW menyiapkan lulusannya untuk menjadi seorang System Programmer, Network Service Supervicer, Database Administrator, Software Enginer, User Interface Designer,  dan Intelligent System Developher.  

Lulusan Program Studi Informatika dapat bekerja di bidang teknologi informasi sebagai pengembang aplikasi (baik aplikasi desktop, web dan mobile), pengelola dan supervisi infrastruktur jaringan, pengelola basis data, pengembang  aplikasi yang bekerja sesuai dengan metodologi pengembangan perangkat lunak,  perancang antar muka program yang mudah dipelajari dan digunakan serta sebagai pengembang suatu sistem cerdas.

Kerja sama dengan berbagai mitra pun dilakukan untuk mendukung dan mengembangkan minat  akademik maupun non akademik, seperti pihak industri sebagai pengguna lulusan dan Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (APTIKOM).

Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah program studi yang mempelajari cara meningkatkan kemampuan organisasi dengan menerapkan teknologi informasi ke dalamnya.  Informasi berdiri di 2 kaki,  yaitu kaki organisasi dan kaki perangkat lunak. Pada kaki organisasi, jurusan system informasi belajar tentang cara mendefinisikan prosedur organisasi, manajemen, dll. Di kaki perangkat lunak, jurursan sistem informasi belajar cara mengimplementasikan basis data dan mengembangkan unjuk kerja organisasi, serta bagaiman dampak perubahan organisasi sebagai akibat implementasi perangkat lunak tersebut.

Ditinjau dari jurusannya, jurusan sistem informasi merupakan titik tengah antara Informatika dan Manajemen. Sistem Informasi lebih banyak mempelajari bidang pengetahuan organisasi (baik konsep maupun teknisnya), aplikasi teknologi dan perangkat lunak. Sistem Informasi hanya sedikit membahas tentang infrastruktur sistem maupun perangkat keras komputer.

Pegawai Pendukung Akademik

Ronny Kuncoro

Andhika Galuh Prabawati

Mintarsih

Widi Nugraha

Eka Cahyandaru

Septiari Ratriningsih

Pin It on Pinterest

Share This