Fakultas Bioteknologi

Status Akreditasi

Peringkat A (Baik Sekali) SK BAN-PT Depdiknas No 033. BAN-PT/Ak-IV/XI/2000

Peringkat A (Baik Sekali) SK BAN-PT Depdiknas No. 044. BAN-PT/Ak-X/S1/VI/2006

Peringkat A (Baik Sekali) SK BAN-PT Nomor : 022/BAN/-PT/Ak-XIV/S1/VIII/2011

Peringkat A (Baik Sekali ) SK BAN-PT Nomor : 0823/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016

SEJARAH

Fakultas Biologi merupakan salah satu fakultas dari 6 fakultas di UKDW yang didirikan pada tahun 1987 sebagai wujud nyata komitmen gereja untuk berpartisipasi dalam penanggulangan dampak negatif pembangunan terhadap lingkungan hidup, yang diperkirakan akan semakin intens seiring perkembangan jumlah penduduk dan laju pertumbuhan ekonomi, serta pemanfaatan potensi sumberdaya alam hayati untuk kesejahteraan manusia secara berkelanjutan. Dalam kurun waktu 21 tahun perjalanannya, perkembangan Fakultas Biologi UKDW dapat dibagi menjadi beberapa tahapan yang masing-masing mempunyai spesifikasi dan tonggak pencapaiannya sendiri. Secara umum fokus dari setiap tahapan perkembangan lima tahunan ini dapat digambarkan sebagai berikut :

 Tahap Perintisan dan Penguatan (1987-1992)

 Tahap Pembenahan Sistem dan Penataan Manajemen (1992-1997)

 Tahap Peningkatan dan Penjaminan Mutu Akademik (1997-2007)

 Tahap Menuju Entrepreneurial Research University (2008-sekarang)

Antar tahapan perkembangan di atas sebenarnya tidak terpisahkan secara tegas karena pada proses implementasinya, masing-masing tahapan berlangsung saling terkait dan berkesinambungan. Pada awal Tahap Perintisan dan Penguatan Fakultas Biologi UKDW (1987 – 1992), proses belajar-mengajar masih banyak dibantu oleh Fakultas Biologi UGM. Pada periode ini hampir semua perkuliahan diampu oleh dosen tidak tetap dari UGM, antara lain dari: Fakultas Biologi, Fakultas Pertanian, Fakultas Kedokteran Hewan dan Fakultas Geologi serta dari BATAN Yogyakarta, sedangkan dosen tetap yayasan yang pada saat itu masih fresh graduate diberi tugas untuk nyantrik di perkuliahan dan mengampu praktikum baik sebagai koordinator maupun asisten. Pada awal periode ini fakultas/prodi masih belum memiliki fasilitas laboratorium yang memadai, sehingga kegiatan praktikum juga masih banyak dilakukan di luar kampus, terutama di Fakultas Biologi UGM sebagai fakultas pembina. Periode perintisan ini diakhiri dengan diperolehnya status DIAKUI pada tahun 1998 sesuai SK Nomor: 48/DIKTI/Kep/1998.

 

Seiring dengan bertambahnya jumlah dosen dan mahasiswa, mulai dikembangkan laboratorium yang dikelola oleh fakultas dan unit-unit pendukung lain seperti Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH), Lembaga Penelitian dan Inovasi Pendidikan (LPIP), Pusat Pelatihan Bahasa Inggris (PPBI), Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM), Pusat Pengembangan Karir dan Penempatan Kerja (PPKPK) dan Pusat Pengembangan Pribadi (PPP) yang dikelola oleh universitas. Hal ini menjadi fokus dari tahap Pembenahan Sistem dan Penataan Manajemen selama kurun waktu tahun 1992 – 1997. Disamping itu sistem manajemen akademik dan keuangan yang sejak awal dikelola secara sentralistik terus dikembangkan dan berujung dengan diterapkannya sistem administrasi akademik dan keuangan berbasis IT. Pada periode ini program pengembangan sumberdaya manusia (SDM) juga telah dirintis. Hal ini tercermin dengan telah dimilikinya 5 orang Pegawai Akademik dengan kualifikasi S-2 dan 1 orang dengan kualifikasi S-3. Selama periode ini telah terjadi penurunan peran dosen tidak tetap dari 80 % menjadi 20 %.

 

Tahap Peningkatan & Penjaminan Mutu Akademik (1997 – 2007) merupakan periode yang mencerminkan komitmen Fakultas Biologi UKDW untuk meningkatkan kualitas akademik penyelenggaraan pendidikan dan penjaminan mutunya. Periode ini diawali dengan diberlakukannya Kurikulum 1997, serta diperolehnya status Akreditasi A dari BAN – PT untuk 2 periode berturut-turut sesuai dengan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 033/BAN-PT/Ak.IV/2000 tertanggal 23 November 2000 dan Nomor: 08626/Ak.X.SI.004/UKGBLI/VI/2006 tertanggal 01 Juni 2006. Sejak tahun 2005 telah dibentuk Unit Penjaminan Mutu Universitas yang dinamai InQA (Institution Quality Assurance) dengan tugas membantu penjaminan mutu akademik semua prodi di UKDW, merumuskan dan membuat Dokumen Akademik dan Dokumen Mutu, menjalankan proses Audit Mutu Akademik Internal (AMAI) serta mempersiapkan InQA Prodi.

 

Tahap Menuju Entrepreneurial Research University (ERU) (2008 – sekarang) ditandai dengan pengelompokan Dosen sesuai minat penelitian di bidang Bioteknologi Lingkungan, Bioteknologi Industri, dan Bioteknologi Kesehatan. Pada setiap minat ditetapkan mitra kerjasama riset termasuk fasilitas laboratorium yang dapat digunakan (off-site laboratory facility). Hasil riset diharapkan dapat diterapkan dalam praktek kewirausahaan secara mandiri oleh sivitas akademika dengan melibatkan perusahaan/kelompok usaha. Feedback kegiatan ini dimanfaatkan untuk penyempurnaan materi pembelajaran dan topic penelitian lanjutan, serta digunakan sebagai modal untuk menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait. Financial benefits kegiatan ini diprioritaskan untuk mendukung kegiatan penelitian yang dilakukan oleh Dosen dan mahasiswa. Implementasi pada aras bisnis difasilitasi dan dikelola oleh PT. Wira Wacana, suatu perusahaan milik Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Duta Wacana. Periode ini juga telah ditandai dengan komitmen Fakultas untuk dapat mengaplikasikan bioteknologi dan biologi melokuler dalam bidang lingkungan, industri, dan kesehatan. Komitmen ini telah diwujudkan dalam kebijakan perubahan nama Fakultas Biologi menjadi Fakultas Bioteknologi. Rasa percaya diri untuk dapat mencapai tahapan menuju entreprenerial riset university ini juga terbantu dengan diperolehnya kembali akreditasi dari BAN-PT dengan predikat A (sangat baik) untuk kedua kalinya, yang tertuang dalam surat keputusan Nomor: 004/BAN-PT/Ak-X/S1/VI/2006 tertanggal 1 Juni 2011.

PENGURUS FAKULTAS

Drs. Kisworo, M.Sc.

Dekan

Dra. Aniek Prasetyaningsih, M.Si

Wakil Dekan Bidang Akademik/Kepala Program Studi Biologi

Dr. Guntoro

Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan

Drs. Djoko Rahardjo, M.Kes

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan,Beasiswa dan Alumni

VISI

Menjadi Fakultas Bioteknologi yang unggul dan terpercaya guna melahirkan generasi profesional mandiri dalam pemanfaatan  sumber daya alam hayati untuk kesejahteraan masyarakat pluralistik berdasarkan kasih.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran berbasis riset untuk menghasilkan lulusan yang memiliki: Kompetensi di bidang bioteknologi lingkungan, bioteknologi industri dan bioteknologi kesehatan, jiwa entrepreneurship dan kepedulian dan rasa tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan
  2. Melakukan riset berbasis kewirausahaan untuk pengembangan ilmu dan teknologi di bidang biologi yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat yang pluralistik
  3. Berpartisipasi dalam pengembangan masyarakat melalui kegiatan pengabdian sesuai dengan disiplin ilmu Biologi yang dijiwai oleh semangat kewirausahaan
  4. Mengembangkan sistem pengelolaan kelembagaan yang akuntabel didukung dengan teknologi informasi dan komunikasi
  5. Memperluas jejaring yang mendukung pengembangan program studi

Struktur Organisasi

KOORDINATOR

Drs. Djoko Rahardjo., M.Kes.

Pimpinan Redaksi Buletin Ilmiah Blueprint

Senat Fakultas Bioteknologi

Drs. Kisworo, M.Sc.

Ketua

Dr. Charis Amarantini, M.Si.

Anggota

Drs. Guruh Prihatmo., M.S.

Anggota

Dra. Aniek Prasetyaningsih., M.Si.

Sekretaris

Tri Yahya Budiarso, S.Si, M.P.

Anggota

Dr. Dhira Satwika, M.Sc.

Anggota

Djohan, MEM., Ph.D.

Anggota

Drs. Djoko Rahardjo., M.Kes.

Anggota

Dr. Guntoro

Anggota

Dra. Haryati B. Sutanto, M.Sc.

Anggota

Informasi Program Studi

Program Studi Biologi

Program Studi Biologi Fakultas Bioteknologi merupakan salah satu Program Studi di lingkungan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)  Yogyakarta yang dibentuk oleh Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Duta Wacana (YPTK Duta Wacana). Program Studi ini didirikan sebagai wujud kepedulian gereja-gereja yang mendukung YPTK Duta Wacana untuk menghasilkan lulusan yang mampu memanfaatkan potensi sumber daya alam hayati dan menanggulangi masalah-masalah lingkungan di Indonesia demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

PROFIL DAN KOMPETENSI LULUSAN

MANAGER (QUALITY ASSURANCE AND FIELD MANAGER)
  1. Mampu menerapkan dan mengelola proses produksi produk bioteknologi berbasis Sumber Daya Alam Hayati
  2. Mampu mengelola program-program lingkungan dan proyek-proyek bioenergi
  3. Mampu mengelola laboratorium kesehatan dan program penyehatan lingkungan
  4. Mampu mengelola pemasaran produk industri, kesehatan dan peralatan laboratorium
PENDIDIK (EDUTRAINER)

Mampu memberikan pembelajaran bioteknologi secara kreatif, inovatif, dan inspiratif.

WIRAUSAHA (ENTREPRENEUR)

Mampu menciptakan peluang dan merealisasikan kegiatan usaha berbasis Sumber Daya Alam Hayati untuk menghasilkan produk bioteknologi di bidang lingkungan, industri dan kesehatan.

KONSULTAN
  1. Mampu menganalisis dan menyusun rekomendasi teknis pemecahan permasalahan lingkungan secara terintegrasi
  2. Menguasai teknologi dan merancang proses  produksi untuk menghasilkan produk-produk bioteknologi
  3. Menguasai teknik uji spesimen klinis dan pengendalian vektor penyakit untuk penyehatan lingkungan
PENELITI (RESEARCHER)

Mampu merancang, melaksanakan dan mempublikasikan penelitian di bidang Bioteknologi Lingkungan, Bioteknologi Industri, dan Bioteknologi Kesehatan.

Pegawai Pendukung Akademik

Siyamto

Istana

Sri Maryanti

Theresia Sri Retnowati

Hari Surahmantoro

Riyan Perdana Sari

Setyahadi

Pin It on Pinterest

Share This