Fakultas Kependidikan dan Humaniora

Pendidikan adalah menyalakan api, bukan mengisi bejana.

(Socrates)

Telp : +62–274–563929 ext 143
Fax : +62–274–513235
Email

Sejarah

Fakultas Kependidikan dan Humaniora (FKHum) baru saja dibentuk oleh UKDW pada bulan Oktober 2019 ini. Sudah sejak lama UKDW memiliki kerinduan untuk bersumbangsih pada dunia yang pluralistik ini dalam bidang pendidikan dan kemanusiaan. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) yang memulai tahun akademiknya pada tahun 2016 memenuhi setengah harapan UKDW. Program studi ini lahir dari kiprah Pusat Pelatihan Bahasa (PPB) UKDW yang telah mengelola program peningkatan Bahasa Inggris bagi seluruh mahasiswa UKDW sejak tahun 2000. Prodi PBI yang baru berdiri namun telah terakreditasi B ini terus berjuang sebaik-baiknya untuk mempersiapkan para calon pendidik yang mewujudkan nilai-nilai Kedutawacanaan sebagai ‘duta wacana’, the messengers of God’s word.

Saat ini, FKHum yang masih sangat muda ini sedang merumuskan visi, misi, dan rencana strategis fakultas serta mempersiapkan pembukaan prodi baru untuk memenuhi kerinduan UKDW secara utuh, yaitu berkontribusi pada pendidikan manusia muda Indonesia dalam memperkuat identitas dan budaya bangsa agar dapat memahami masalah-masalah kemanusiaan yang semakin rumit. Melalui kedua prodi ini nantinya, FKHum berjuang untuk menyalakan api damai sejahtera dan harapan baru bagi dunia kita yang pluralistik ini.

Selain Prodi PBI, Unit Koordinatorat Mata Kuliah Humaniora (MKH) yang selama ini mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam hidup bermasyarakat melalui kuliah-kuliah di bidang humaniora lintas program studi juga sedang bertransformasi menjadi sebuah prodi baru untuk memenuhi kerinduan UKDW secara utuh, yaitu berkontribusi pada pendidikan manusia muda Indonesia dalam memperkuat identitas dan budaya bangsa agar dapat memahami dan mengatasi masalah-masalah kemanusiaan yang semakin kompleks.

Melalui kedua prodi ini, FKHum akan selalu mengupayakan yang terbaik untuk menyalakan api damai sejahtera dan harapan baru bagi dunia kita yang pluralistik ini.

Dekanat Fakultas

Dra. Mega Wati, M.Pd.

Dekan

Lemmuela Alvita Kurniawati, SPd., M.Hum.

Wakil Dekan Bidang Akademik & Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris

Dra. Krisni Noor Patrianti, M.Hum.

Wakil Dekan Bidang Tata Kelola Keuangan, SDM, dan Sarana Prasarana

Anesti Budi Ermerawati, S.Pd., M.Hum.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama

Koordinator

Adaninggar Septi Subekti, M.Sc.

Koordinator Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Prodi PBI

Anesti Budi Ermerawati, M.Hum.

Koordinator Mata Kuliah Magang Prodi PBI

Senat Fakultas Kependidikan dan Humaniora

Dr. Fransisca Endang Lestariningsih, S.Pd., M.Hum.

Ketua Senat FKHum

Andreas Winardi, S.Pd., M.A.

Sekretaris Senat FKHum

Dra. Mega Wati, M.Pd.

Anggota Senat FKHum

Lemmuela Alviati Kurniawati, S.Pd., M.Hum.

Anggota Senat FKHum

Dra. Krisni Noor Patrianti, M.Hum.

Anggota Senat FKHum

Anesti Budi Ermerawati, S,Pd.,M.Hum.

Anggota Senat FKHum

Informasi Program Studi

Pendidikan Bahasa Inggris

Mempunyai tujuan menyiapkan mahasiswa menjadi pengajar dan praktisi di bidang kajian General English dan ESP (English for Specific Purposes) profesional yang memiliki kompetensi dalam hal perancangan program pembelajaran dan penelitian bidang ESP, memiliki karakter dan nilai-nilai pendidik sejati, berwawasan global, mampu mengintegrasikan riset dan teknologi untuk kepentingan pembelajaran dan pengembangan ilmu sehingga bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa, dan negara.

Kurikulum Prodi PBI memfokuskan pada kajian bidang pengajaran Bahasa Inggris untuk tujuan umum (General English) dan untuk tertentu (English for Specific Purposes). Pengajaran Bahasa Inggris untuk tujuan umum menjadi fondasi pengajaran Bahasa Inggris untuk tujuan khusus (ESP). Secara lebih spesifik, ESP bisa dijelaskan dalam aspek karakteristik mutlak dan variabel (Dudley-Evans dan St John, 1998). Secara mutlak, pembelajaran ESP dirancang untuk memenuhi secara spesifik kebutuhan siswa dan menggunakan pendekatan dan metodologi bidang ilmu lain yang dibahas. Selain itu pengajaran ESP difokuskan pada penggunaan bahasa (tata bahasa, kosakata, dan register), keterampilan, diskursus, dan genre yang berhubungan dengan bidang ilmu tersebut. Sedangkan secara karakteristik variabel, ESP bisa berhubungan atau dirancang untuk bidang ilmu tertentu, bisa menggunakan metode pengajaran yang berbeda dengan ESP, didesain untuk pembelajar dewasa dan bagi pembelajar tahap intermediate atau advance, serta memerlukan penguasaan dasar-dasar sistem kebahasaan sebagai syaratnya.

Pin It on Pinterest

Share This