Fakultas Kependidikan dan Humaniora

Quotes:
Pendidikan adalah menyalakan api, bukan mengisi bejana.
(Socrates)
Telp : +62–274–563929 ext 143
Fax : +62–274–513235
Email :
Sejarah
Fakultas Kependidikan dan Humaniora (FKHUM) baru saja dibentuk oleh UKDW pada bulan Oktober tahun 2019. Sudah sejak lama UKDW memiliki kerinduan untuk bersumbangsih pada dunia yang pluralistik ini dalam bidang pendidikan dan kemanusiaan. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) yang memulai tahun akademiknya pada tahun 2016 memenuhi setengah harapan UKDW. Program studi ini lahir dari kiprah Pusat Pelatihan Bahasa (PPB) UKDW yang telah mengelola program peningkatan Bahasa Inggris bagi seluruh mahasiswa UKDW sejak tahun 2000. Prodi PBI yang baru berdiri namun telah terakreditasi B ini terus berjuang sebaik-baiknya untuk mempersiapkan para calon pendidik yang mewujudkan nilai-nilai Kedutawacanaan sebagai ‘duta wacana’, the messengers of God’s word.
Selain Prodi PBI, Unit Koordinatorat Mata Kuliah Humaniora (MKH) yang selama ini mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam hidup bermasyarakat melalui kuliah-kuliah di bidang humaniora lintas program studi juga sedang bertransformasi menjadi sebuah prodi baru untuk memenuhi kerinduan UKDW secara utuh, yaitu berkontribusi pada pendidikan manusia muda Indonesia dalam memperkuat identitas dan budaya bangsa agar dapat memahami dan mengatasi masalah-masalah kemanusiaan yang semakin kompleks.
Melalui kedua prodi ini, FKHUM akan selalu mengupayakan yang terbaik untuk menyalakan api damai sejahtera dan harapan baru bagi dunia kita yang pluralistik ini.
Dekanat Fakultas
Dra. Mega Wati, M.Pd.
Dekan
Lemmuela Alvita Kurniawati, SPd., M.Hum.
Wakil Dekan Bidang Akademik & Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris
Dra. Krisni Noor Patrianti, M.Hum.
Wakil Dekan Bidang Tata Kelola Keuangan, SDM, dan Sarana Prasarana
Anesti Budi Ermerawati, S.Pd., M.Hum.
Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama
VISI, MISI, TUJUAN FAKULTAS
VISI | MISI | TUJUAN | ||
Pada tahun 2034 menjadi fakultas yang unggul dan terpercaya untuk melahirkan lulusan yang memiliki wawasan dan keterampilan digital, serta kompetensi lintas budaya di bidang ilmu Kependidikan dan Humaniora. | 1. | Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang kontekstual berbasis nilai-nilai kedutawacanaan. | 1. | Mengembangkan kurikulum yang memenuhi standar kualitas pengetahuan, sikap, dan keterampilan. |
2. | Mengembangkan iklim pembelajaran yang mampu mengasah daya nalar dan kepekaan terhadap lingkungan yang dinamis. | |||
3. | Menghasilkan lulusan yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat secara profesional dan mandiri. | |||
2. | Melakukan riset yang berpihak pada nilai-nilai kemanusiaan. | 4. | Mengembangkan riset untuk pengembangan ilmu, kualitas pembelajaran, peningkatan performa institusi, dan peningkatan kualitas hidup. | |
3. | Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara partisipatoris | 5. | Memfasilitasi sivitas akademika untuk berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat | |
4. | Mengembangkan sistem pengelolaan fakultas yang akuntabel. | 6. | Mewujudkan kepemimpinan yang visioner, berintegritas, menyelaraskan, memberdayakan, serta memberi keteladanan. | |
7. | Mengembangkan sistem tata kelola fakultas yang handal berbasis teknologi informasi. | |||
8. | Mengembangkan sistem penjaminan mutu yang berkelanjutan. | |||
9. | Memperluas jejaring yang mendukung pengembangan fakultas. | |||
5. | Mengembangkan sivitas akademika yang menghidupi nilai-nilai kedutawacanaan. | 10. | Menerapkan nilai-nilai kedutawacanaan sebagai budaya fakultas. |
Senat Fakultas Kependidikan dan Humaniora
Dr. Fransisca Endang Lestariningsih, S.Pd., M.Hum.
Ketua Senat FKHUM
R. Bima Adi, M.Th., M.A., Ph.D
Sekretaris Senat FKHUM
Dra. Mega Wati, M.Pd.
Anggota Senat FKHUM
Lemmuela Alviati Kurniawati, S.Pd., M.Hum.
Anggota Senat FKHUM
Dra. Krisni Noor Patrianti, M.Hum.
Anggota Senat FKHUM
Anesti Budi Ermerawati, S,Pd.,M.Hum.
Anggota Senat FKHUM
Informasi Program Studi
Pendidikan Bahasa Inggris
Mempunyai tujuan menyiapkan mahasiswa menjadi pengajar dan praktisi di bidang kajian General English dan ESP (English for Specific Purposes) profesional yang memiliki kompetensi dalam hal perancangan program pembelajaran dan penelitian bidang ESP, memiliki karakter dan nilai-nilai pendidik sejati, berwawasan global, mampu mengintegrasikan riset dan teknologi untuk kepentingan pembelajaran dan pengembangan ilmu sehingga bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa, dan negara.
Kurikulum Prodi PBI memfokuskan pada kajian bidang pengajaran Bahasa Inggris untuk tujuan umum (General English) dan untuk tertentu (English for Specific Purposes). Pengajaran Bahasa Inggris untuk tujuan umum menjadi fondasi pengajaran Bahasa Inggris untuk tujuan khusus (ESP). Secara lebih spesifik, ESP bisa dijelaskan dalam aspek karakteristik mutlak dan variabel (Dudley-Evans dan St John, 1998). Secara mutlak, pembelajaran ESP dirancang untuk memenuhi secara spesifik kebutuhan siswa dan menggunakan pendekatan dan metodologi bidang ilmu lain yang dibahas. Selain itu pengajaran ESP difokuskan pada penggunaan bahasa (tata bahasa, kosakata, dan register), keterampilan, diskursus, dan genre yang berhubungan dengan bidang ilmu tersebut. Sedangkan secara karakteristik variabel, ESP bisa berhubungan atau dirancang untuk bidang ilmu tertentu, bisa menggunakan metode pengajaran yang berbeda dengan ESP, didesain untuk pembelajar dewasa dan bagi pembelajar tahap intermediate atau advance, serta memerlukan penguasaan dasar-dasar sistem kebahasaan sebagai syaratnya.
Studi Humanitas
Senin, 5 September 2022 LLDIKTI Wilayah V menyerahkan Salinan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 605/E/O/2022 tentang Izin Pembukaan Program Studi (Prodi) Studi Humanitas Program Sarjana pada Universitas Kristen Duta Wacana di Yogyakarta. Dengan adanya SK yang ditetapkan tanggal 16 Agustus 2022 ini, Prodi Studi Humanitas siap menerima calon mahasiswa baru untuk Tahun Akademik 2023/2024.
Prodi Studi Humanitas merupakan program studi kombinasi antara bidang sosial-humaniora dan teknologi digital. Mahasiswa memperoleh pengetahuan teoritis maupun praktis di bidang humaniora tentang masyarakat dan kebudayaannya di Era Digital. Dengan begitu, mahasiswa mampu memahami, mengeskplorasi, dan merespon persoalan-persoalan humaniora dalam praktik hidup masyarakat sehari-hari.
Lulusan Studi Humanitas diharapkan mampu menganalisis perkembangan kebutuhan dunia digital bagi koorporasi maupun advokasi sosial di ruang digital. Lulusan Studi Humanitas mampu menciptakan narasi kemanusiaan yang menumbuhkan rasa keberpihakan pada masalah sosial lewat media digital di era media baru.
Koordinator
Adaninggar Septi Subekti, M.Sc.
Koordinator Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Prodi PBI
Anesti Budi Ermerawati, M.Hum.
Koordinator Mata Kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Prodi PBI