Fakultas Kependidikan dan Humaniora

Fakultas Kependidikan dan Humaniora UKDW  berkomitmen untuk menyelenggarakan pendidikan bidang sosial yang berkualitas dan berintegritas sesuai karakter Kedutawacanaan.


Telp : +62–274–563929 ext 143
Fax : +62–274–513235
Email

Sejarah

Fakultas Kependidikan dan Humaniora (FKHum) baru saja dibentuk oleh UKDW pada bulan Oktober 2019 ini. Sudah sejak lama UKDW memiliki kerinduan untuk bersumbangsih pada dunia yang pluralistik ini dalam bidang pendidikan dan kemanusiaan. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) yang memulai tahun akademiknya pada tahun 2016 memenuhi setengah harapan UKDW. Prodi PBI yang baru berdiri namun telah terakreditasi B ini terus berjuang sebaik-baiknya untuk mempersiapkan para calon pendidik yang mewujudkan nilai-nilai Kedutawacanaan sebagai ‘duta wacana’, the messengers of God’s word.

Selain Prodi PBI, Unit Koordinatorat Mata Kuliah Humaniora (MKH) yang selama ini mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam hidup bermasyarakat melalui kuliah-kuliah di bidang humaniora lintas program studi juga sedang bertransformasi menjadi sebuah prodi baru untuk memenuhi kerinduan UKDW secara utuh, yaitu berkontribusi pada pendidikan manusia muda Indonesia dalam memperkuat identitas dan budaya bangsa agar dapat memahami dan mengatasi masalah-masalah kemanusiaan yang semakin kompleks.

Melalui kedua prodi ini, FKHum akan selalu mengupayakan yang terbaik untuk menyalakan api damai sejahtera dan harapan baru bagi dunia kita yang pluralistik ini.

Pengurus Fakultas

Dra. Mega Wati, M.Pd.

Dekan

Lemmuela Alvita Kurniawati, SPd., M.Hum.

Wakil Dekan Bidang Akademik & Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris

Dra. Krisni Noor Patrianti, M.Hum.

Wakil Dekan Bidang Tata Kelola Keuangan, SDM, dan Sarana Prasarana

Anesti Budi Ermerawati, S.Pd., M.Hum.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama

Visi

Menjadi fakultas yang unggul dan terpercaya di kawasan nasional untuk menghasilkan generasi profesional mandiri yang bertanggung-jawab dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi Informasi (To be an excellent and a trustworthy faculty in the national level that creates a new breeds of professional which responsible in developing science and information technology).

 

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang kontekstual di bidang ilmu pengetahuan dan Teknologi Informasi dengan pendekatan interdisipliner berbasis nilai- nilai Kedutawacanaan.
  • Melakukan riset pengembangan ilmu pengetahuan dan Teknologi Informasi secara inovatif, aplikatif dan berwawasan lingkungan berbasis nilai-nilai Kedutawacanaan.
  • Melakukan pengabdian kepada masyarakat di bidang Teknologi Informasi yang kontekstual dan partisipatoris.
  • Membangun Fakultas Teknologi Informasi yang unggul dan kompetitif.
  • Mengembangkan sivitas akademika Fakultas Teknologi Informasi yang menghidupi nilai-nilai Kedutawacanaan.

 

Tujuan

  1. Mengembangkan kurikulum yang memenuhi standar kualitas pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
  2. Mengembangkan iklim pembelajaran dalam Prodi yang dapat mengasah daya nalar dan kepekaan terhadap lingkungan yang cepat berubah.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia secara profesional dan mandiri.
  4. Melakukan Riset bidang Teknologi Informasi yang Berpihak Pada Nilai Kemanusiaan.
  5. Meningkatkan partisipasi sivitas akademika FTI dalam pemberdayaan masyarakat.
  6. Memperluas jejaring yang mendukung otonomi universitas.
  7. Mengembangkan sistem pengelolaan kelembagaan yang akuntabel didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi.
  8. Menanamkan nilai-nilai karakter kedutawacanaan sebagai budaya dan identitas FTI UKDW.

Struktur Organisasi

Koordinator

Adaninggar Septi Subekti, M.Sc.

Koordinator Kegiatan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Prodi PBI

Anesti Budi Ermerawati, M.Hum.

Koordinator Mata Kuliah Magang Prodi PBI

...

Koordinator Skripsi Prodi PBI

Senat Fakultas Teknologi Informasi

Restyandito, S.Kom., MSIS., Ph.D.

Ketua Senat FTI

Drs. R Gunawan S., M.Si.

Sekretaris Senat FTI

Drs. Jong Jek Siang, M.Sc

Anggota Senat FTI

Gloria Virginia, S.Kom., MAI, Ph.D.

Anggota Senat FTI

Dra. Krisni Noor Patrianti, M.Hum.

Anggota Senat FTI

Willy Sudiarto Raharjo, S.Kom., M.Cs.

Anggota Senat FTI

Halim Budi Santoso, S. Kom.,MT., MBA

Anggota Senat FTI

Drs. Wimmie Handiwidjojo, MIT.

Anggota Senat FTI

Joko Purwadi, S.Kom., M.Kom.

Anggota Senat FTI

Budi Sutedjo Dharma Oetomo, S.Kom., M.M.

Anggota Senat FTI

Nugroho Agus Haryono, S.Si., MSi.

Anggota Senat FTI

Rosa Delima, S.Kom., M.Kom.

Anggota Senat FTI

Dr. Ir. Sri Suwarno, M.Eng.

Anggota Senat FTI

Budi Susanto, S.Kom., M.T.

Anggota Senat FTI

Widi Hapsari, Dra., M.T.

Anggota Senat FTI

Erick Kurniawan, S.Kom., M.Kom.

Anggota Senat FTI

Umi Proboyekti, S.Kom., MLIS.

Anggota Senat FTI

Dr. Lucia Dwi Krisnawati

Anggota Senat FTI

Antonius Rachmat C., S.Kom.,M.Cs.

Anggota Senat FTI

Informasi Program Studi

Pendidikan Bahasa Inggris

Mempunyai tujuan menyiapkan mahasiswa menjadi pengajar dan praktisi di bidang kajian General English dan ESP (English for Specific Purposes) profesional yang memiliki kompetensi dalam hal perancangan program pembelajaran dan penelitian bidang ESP, memiliki karakter dan nilai-nilai pendidik sejati, berwawasan global, mampu mengintegrasikan riset dan teknologi untuk kepentingan pembelajaran dan pengembangan ilmu sehingga bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa, dan negara.

Kurikulum Prodi PBI memfokuskan pada kajian bidang pengajaran Bahasa Inggris untuk tujuan umum (General English) dan untuk tertentu (English for Specific Purposes). Pengajaran Bahasa Inggris untuk tujuan umum menjadi fondasi pengajaran Bahasa Inggris untuk tujuan khusus (ESP). Secara lebih spesifik, ESP bisa dijelaskan dalam aspek karakteristik mutlak dan variabel (Dudley-Evans dan St John, 1998). Secara mutlak, pembelajaran ESP dirancang untuk memenuhi secara spesifik kebutuhan siswa dan menggunakan pendekatan dan metodologi bidang ilmu lain yang dibahas. Selain itu pengajaran ESP difokuskan pada penggunaan bahasa (tata bahasa, kosakata, dan register), keterampilan, diskursus, dan genre yang berhubungan dengan bidang ilmu tersebut. Sedangkan secara karakteristik variabel, ESP bisa berhubungan atau dirancang untuk bidang ilmu tertentu, bisa menggunakan metode pengajaran yang berbeda dengan EGP, didesain untuk pembelajar dewasa dan bagi pembelajar tahap intermediate atau advance, serta memerlukan penguasaan dasar-dasar sistem kebahasaan sebagai syaratnya.

Pegawai Pendukung Akademik

Pin It on Pinterest

Share This